Chavez Keblinger

15 Perusahaan Digeledah, Direktur Ditangkap
Sabtu, 22 Mei 2010 | 04:31 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/22/04314631/chavez.keblinger

Caracas, Jumat – Presiden Venezuela Hugo Chavez keblinger dengan menindak tegas sejumlah perusahaan. Atas perintahnya dilakukan penggeledahan terhadap 15 perusahaan sekuritas dan menangkap empat direktur. Sebelumnya, negara mengambil alih langsung perdagangan valuta asing.

Itu dilakukan setelah terjadi gejolak keras di bursa uang dan saham. Kurs mata uang Venezuela, bolivar, merosot menjadi 8 bolivar per satu dollar AS dari kisaran 4,3 bolivar per dollar AS yang dipatok pemerintah.

Sekitar 31 perusahaan sekuritas juga diambil alih. Pemimpin sosialis itu pekan ini juga sudah membatalkan perusahaan penukaran uang swasta dan mengalihkan tugas penukaran uang ”paralel” ke Bank Sentral.

”Kami akan terus menghantam mereka,” kata Chavez dalam pidato di TV pemerintah. ”Kami akan menjadi semakin radikal jika kubu imperialisme dan sekutu-sekutunya menyerang kami.”

Chavez menilai, gejolak pasar uang dan bursa saham adalah aksi imperialisme. Sekarang ini sejumlah negara di berbagai belahan dunia sedang mengalami gejolak kurs dan bursa.

Para ahli ekonomi dan pemimpin dunia usaha menuduh Chavez telah membawa kekacauan pada perekonomian negara yang telah terpukul resesi itu.

Venezuela telah menghentikan pengambangan (float) kurs mata uang bolivar dengan mematoknya pada level 4,3 bolivar per dollar AS. Pasar menilai, kurs seharusnya sekitar 5,0 sampai 7,0 bolivar per dollar AS.

Serangan kaum borjuis

Chavez membalas kritikan para pemimpin bisnis terhadapnya dengan mengatakan, ”Kaum borjuis Venezuela telah melancarkan sebuah serangan terencana sejak pengumuman kurs tetap bolivar pada hari Selasa.”

Para analis mengatakan, sebuah pasar gelap baru pasti akan muncul dan kembali menggoyang kurs bolivar terhadap dollar AS. Sebuah devaluasi terhadap bolivar diramalkan akan terjadi tahun depan.

Sejak langkah-langkah baru diumumkan pada hari Selasa (18/5), para pejabat keuangan telah menggeledah 15 lembaga di Caracas, mengkaji dokumen, memeriksa komputer, dan menanyai staf. Empat direktur perusahaan efek ditangkap.

Perdagangan obligasi di pasar uang juga telah dihentikan.

Sehari sebelumnya, Rabu, Chavez mengkritik mantan sekutu-sekutu politiknya yang telah menjauhkan diri dari dirinya, menuduh mereka bergabung dengan oposisi menjelang pemilu kongres bulan September.

”Mereka bersekutu dengan sayap kanan,” kata Chavez kepada para anggota partainya. ”Mereka pasti akan kalah pada pemilu 26 September nanti,” katanya. (Reuters/AP/DI)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: