Harga Makanan Naik, Belanja Konsumsi Tertahan

SURVEI
Sabtu, 6 Maret 2010 | 04:06 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/06/04060278/harga.makanan.naik.belanja.konsumsi.tertahan

Jakarta, Kompas – Indeks kepercayaan konsumen atau IKK turun 2,1 persen menjadi 85 pada Februari 2010 karena kenaikan harga bahan makanan menahan niat masyarakat lebih banyak mengonsumsi barang atau jasa. Sekitar 71,5 persen dari 1.700 konsumen yang disurvei merasa khawatir atas kenaikan harga bahan makanan.

Demikian hasil survei Danareksa Research Institute (DRI) yang dipublikasikan di Jakarta, Jumat (5/3).

Sebagai perbandingan, pada survei Januari 2010, jumlah konsumen yang menyatakan khawatir atas kenaikan harga bahan makanan lebih kecil, yakni 61,1 persen. Karena itu, IKK pada Februari 2010 melemah sebesar 2,1 persen menjadi 85. Level terendah dalam sepuluh bulan ini.

Ada dua komponen yang membentuk IKK dan kedua-duanya menurun pada Februari 2010. Komponen yang menunjukkan keadaan saat ini, indeks situasi sekarang (ISS) turun 4,4 persen menjadi 65,4; karena konsumen memberikan penilaian yang lebih buruk pada keadaan ekonomi saat ini.

Begitupun komponen IKK yang menunjukkan keadaan masa depan, indeks ekspektasi (IE), turun 0,9 persen menjadi 99,7. Penurunan IE ini menunjukkan optimisme masyarakat atas prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang kian berkurang.

Sementara itu, konsumen memperkirakan bahwa pendapatan rumah tangga mereka tidak akan naik dalam enam bulan ke depan. Dengan latar belakang tersebut, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama terus melemah pada bulan Februari. Setelah turun ke 24,8 persen pada bulan Januari, proporsi konsumen yang berencana untuk membeli barang-barang tahan lama dalam enam bulan mendatang turun ke 23,4 persen pada Februari 2010.

Meski demikian, konsumen yakin bahwa tekanan inflasi akan sedikit berkurang dalam enam bulan mendatang. Pada survei terakhir, indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun 1,1 persen menjadi 186,5 pada Februari 2010. Ekspektasi penurunan tekanan inflasi ini sebagian disebabkan adanya perkiraan bahwa harga bahan makanan akan menurun seiring dengan dimulainya masa panen raya pada bulan Februari.

Pemerintah diragukan

Adapun kepercayaan konsumen pada kemampuan pemerintah melaksanakan tugasnya terus melemah pada survei Januari 2010. IKK atas pemerintah (IKKP) turun 1,29 persen menjadi 98,3 pada Februari. Level terendah sejak November 2008.

Penurunan ini terutama disebabkan menurunnya kepercayaan masyarakat pada kemampuan pemerintah menstabilkan harga (turun minus 8,2 persen) dan kemampuan pemerintah memulihkan perekonomian nasional (turun minus 6,1 persen).

Kepercayaan konsumen dirancang untuk mengukur niat konsumen dalam belanja sehingga membantu dalam memprediksi pola belanja. (OIN)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: