Ekonom: Sepanjang Sejarah, Ekonomi Jarang Terganggu Politik

Jumat, 5 Maret 2010 | 15:32 WIB

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/03/05/15320928/Ekonom.Sepanjang.Sejarah..Ekonomi.Jarang.Terganggu.Politik

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Riset Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan bahwa memanasnya suhu politik selama beberapa hari terakhir ini takkan memengaruhi kondisi perekonomian. Purbaya mencatat, sepanjang sejarah kepemimpinan pemerintahan di Indonesia, karut marutnya kondisi politik tidak pernah menyeret perekonomian.

“Sri Mulyani dan Boediono diganti, ini keadan buruk. Tetapi bukan berarti ekonomi hancur. Dalam sejarah Indonesia selama berapa puluh tahun terakhir, jarang sekali politik ganggu ekonomi. Yang ada ekonomi ganggu politik,” kata Purbaya, saat ditemui di Kantor Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat ( 5/3/2010 ) .

Purbaya yang juga sebagai staf ahli Menko Perekonomian merinci, mantan Presiden Soeharto lengser karena krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997-1998 . Saat itu, ekonomi terpuruk sehingga masyarakat menjadi gelisah dan suhu politik memanas. “Waktu itu orang kuat jatuh,” cetusnya.

Kemudian, kepemimpinan mantan Presiden Abdurahman Wahid juga jatuh saat perekonomian tengah tidak menentu. Saat itu, perekonomian Indonesia terimbas oleh resesi Amerika sehingga baru pulih pada 2002 .

Saat mantan Presiden Megawati berkuasa, perekonomian dinilai cukup stabil. Namun, pertumbuhannya masih di bawah rata-rata di kisaran 4 atau 5 persen. “Itu masih ada ruang menggoyang. Tetapi sekarang (zaman SBY), pertumbuhan ekonomi diperkirakan bisa tumbuh 7 persen, jadi tidak bisa digoyang. Rasanya sih faktor politik impactnya susah. Masyarakat kan selama perutnya kenyang susah turun ke jalan,” tutupnya.

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: