Pertamina Butuh 14,9 Juta Tabung Elpiji dan Kompor

KONVERSI MINYAK TANAH KE ELPIJI
Senin, 8 Februari 2010 | 03:15 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/08/03155631/pertamina.butuh.149.juta.tabung.elpiji.dan.kompor

Jakarta, Kompas – Untuk menuntaskan program konversi minyak tanah ke elpiji, PT Pertamina membutuhkan 14,9 juta paket perdana yang terdiri dari tabung elpiji dan kompor. Adapun rencana semula hanya diperlukan 9,3 juta paket.

Selain itu, menurut Vice President Komunikasi PT Pertamina Basuki Trikora, Minggu (7/2) di Jakarta, pada Januari lalu penyaluran tabung elpiji di Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 100 persen atau 10,4 juta tabung. Dua provinsi itu bebas dari minyak tanah bersubsidi.

Minyak tanah tersedia di depot-depot BBM Pertamina bagi masyarakat yang masih membutuhkan. Perusahaan BUMN ini tetap menyediakan minyak tanah nonsubsidi.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Achmad Faisal menyatakan, konversi dari minyak tanah ke elpiji akan dituntaskan tahun ini.

Di wilayah I, yang meliputi sejumlah provinsi di Sumatera, rencana pengadaan tabung elpiji paket perdana juga meningkat dari rencana 4,1 juta menjadi 7,3 juta tabung elpiji.

Peningkatan kebutuhan terhadap tabung dan kompor elpiji terjadi hampir di semua wilayah. Ini terjadi tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Pulau Jawa.

”Bila peningkatan jumlah paket perdana (tabung dan kompor elpiji) itu tidak dilaksanakan, akan banyak permintaan tambahan dari pemerintah daerah terkait,” ujar Achmad Faisal.

Selain itu, lanjutnya, ada potensi gejolak sosial di kalangan masyarakat yang akan menolak program konversi tersebut.

Revisi terhadap target itu sedang dalam proses pengajuan ke pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. (EVY)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: