Suriah Keluarkan Dekrit Larangan Merokok

Selasa, 13/10/2009 09:41 WIB
Irna Gustia – detikHealth

detik health

http://health.detik.com/read/2009/10/13/094101/1220362/763/suriah-keluarkan-dekrit-larangan-merokok

Damaskus, Negara-negara Timur Tengah mulai giat mengeluarkan larangan merokok di tempat umum. Suriah kini menjadi negara yang aktif memerangi dampak negatif rokok dengan mengeluarkan dekrit larangan merokok oleh presidennya.

Presiden Bashar al-Assad telah menandatangani dekrit larangan merokok di di kafe, restoran dan ruang publik lainnya. Merokok juga dilarang di institusi pendidikan, pusat kesehatan, tempat olahraga, aula, bioskop dan transportasi umum.

Dekrit juga menegaskan bahwa pekerja tidak boleh merokok selama melakukan rapat dan gedung-gedung bisnis harus memberikan area yang berventilasi baik untuk perokok.

Seperti dilansir BBC, Selasa (13/10/2009), larangan merokok itu juga berlaku untuk pecandu nargile atau shisha,– yakni menghisap aroma buah atau tembakau melalui pipa,– yang menjadi favorit penduduk setempat dan wisatawan.

Bagi yang melanggar dekrit tersebut dikenakan denda US$ 46 atau 2.000 pound suriah atau Rp 460.000 (US$10.000/rp). Sebelum mengeluarkan dekrit, negara yang sering bersengketa dengan Turki itu telah membuat larangan iklan rokok di tahun 1996.

Sedangkan UU yang dibuat untuk melarang rokok telah dikeluarkan sejak tahun 2006 yang berlaku hanya di angkutan umum dan beberapa tempat umum serta melarang orang di bawah usia 18 tahun membeli tembakau.

Badan Kesehatan dunia (WHO) mengakui kebiasaan merokok di tempat umum di negara Arab termasuk Suriah sangat tinggi terutama di kalangan pria.

Negara Arab lain yang sudah giat melakukan kampanye anti rokok adalah Irak. Kabinet Irak baru-baru ini menyetujui rancangan UU yang melarang rokok yang menimbulkan kegemparan di kalangan perokok.

Sebelumnya Turki, yang juga dikenal dengan tradisi shisha,– telah mengeluarkan larangan merokok di tempat umum seperti bar dan kafe.

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: