G-7 Jalankan Reformasi IMF

Senin, 5 Oktober 2009 | 04:06 WIB

kompas_white

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/10/05/04065415/g-7.jalankan.reformasi.imf

Istanbul, Minggu – Menteri Keuangan AS Timothy Geithner meminta Dana Moneter Internasional mengimplementasikan reformasi yang akan memberikan negara maju dan berkembang suara lebih banyak dalam lembaga finansial itu.

”Perwakilan yang lebih banyak, struktur pemerintahan yang responsif dan terbuka merupakan hal yang esensial untuk memperkuat legitimasi IMF,” ujar Geithner pada sebuah pernyataan di Istanbul, Minggu (4/10), di sela-sela pertemuan Kelompok 7 (G-7).

Isu penting

Isu reformasi IMF dengan pemberian suara lebih banyak lagi untuk negara berkembang, yang belakangan ini memiliki kekuatan ekonomi semakin besar, telah menjadi isu penting IMF. Isu ini telah dibahas dalam berbagai pertemuan, tetapi implementasinya masih belum terlihat.

Pertemuan G-7 merupakan pertemuan menteri keuangan tujuh negara, yaitu Perancis, Jerman, Italia, Jepang, AS, Inggris, dan Kanada. G-7 terbentuk pada tahun 1976 ketika Kanada bergabung dengan G-6.

Selain itu, Geithner menekankan bahwa negara G-20 telah berkomitmen untuk mengubah beberapa kontrol dalam IMF dari negara dengan perwakilan banyak ke negara yang selama ini kurang terwakili.

G-20 termasuk negara berkembang, seperti China, India dan Brasil. Geithner juga mengatakan, IMF harus menggarisbawahi bagaimana usulan peralihan setidaknya 5 persen suara dalam IMF ke negara berkembang dapat benar-benar terlaksana.

Sementara itu, para menteri keuangan negara kaya yang berkumpul di Istanbul itu juga mengatakan bahwa pemulihan ekonomi global masih harus diawasi terus. Mereka menekankan pentingnya penguatan kurs dollar AS agar perekonomian global dapat terus stabil.

Para menteri keuangan juga mengatakan memang telah banyak pertanda pemulihan ekonomi global, tetapi menambahkan tidak ada ruang untuk berpuas diri. (AP/AFP/joe)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: