KRISIS EKONOMI: Sebanyak 60 Juta Warga Asia Jatuh Miskin

Selasa, 29 September 2009 | 03:34 WIB

kompas_white

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/09/29/03343516/sebanyak.60.juta.warga.asia.jatuh.miskin

Hanoi, Senin – Krisis ekonomi global akan tetap mengakibatkan lebih dari 60 juta warga Asia berada dalam kemiskinan tahun ini. Selain itu juga perlu fokus mengenai kesejahteraan sosial, termasuk kesehatan.

Demikian diungkapkan oleh pemimpin Bank Pembangunan Asia (ADB), Senin (28/9).

”Krisis harus menjadi kesempatan melakukan langkah proaktif untuk meletakkan landasan guna pembangunan jangka panjang,” kata Haruhiko Kuroda, Presiden ADB, sebelum membuka konferensi di Hanoi, Senin. Konferensi itu berjudul ”Dampak Pelemahan Ekonomi terhadap Kemiskinan dan Pembangunan Berkesinambungan di Asia dan Pasifik”.

Seiring dengan meningkatnya harga bahan pangan dan minyak, krisis ekonomi global, serta krisis finansial, hal itu menyebabkan 41 juta warga China kehilangan pekerjaan, sementara penduduk yang menderita kelaparan kronis di Asia Selatan meningkat menjadi sekitar 100 juta orang.

ADB memperkirakan, setidaknya 60 juta orang berada dalam garis kemiskinan, yang berarti hanya memperoleh pendapatan sebesar 1,25 dollar AS atau sekitar Rp 12.500 per hari karena pelemahan ekonomi.

Di tengah semakin menguatnya pertanda pemulihan perekonomian global, pada jangka panjang perekonomian Asia harus dapat bertahan dari guncangan eksternal.

”Dibutuhkan langkah-langkah praktis, termasuk menggiatkan perdagangan di dalam kawasan sendiri, mengelola globalisasi finansial, serta berinvestasi lebih banyak lagi dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial,” ujarnya lagi.

(AP/AFP/joe)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: