BAHAN CERUTU; Mutu Rendah, Tembakau Akan Kehilangan Pembeli

Rabu, 26 Agustus 2009 | 05:02 WIB

kompas_white

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/08/26/05023095/mutu.rendah.tembakau.akan.kehilangan..pembeli

Jember, Kompas – Tembakau bahan cerutu jenis Besuki Naa Oogst asal Jember, Jawa Timur, dan daerah sekitarnya akan kehilangan pembeli jika kualitasnya tidak segera diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pasar. Dua negara produsen tembakau sejenis, yakni Brasil dan Honduras, menjadi ancaman serius.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Besuki Naa Oogst Jember Abdul Halim Hamam mengatakan hal itu di Jember, Selasa (25/8).

”Supaya peluang pasar tidak diambil negara lain, petani tembakau di Jember harus meningkatkan kemampuan sejak pratanam sampai proses pascatanam. Pembeli tembakau kita sebagian besar datang dari Amerika Serikat karena penyandang dana industri cerutu di hampir semua negara itu adalah AS,” katanya.

Ia mengakui, kualitas dekblaad (pembalut) belakangan mulai merosot tajam. Lima tahun lalu produksi dekblaad masih 67 persen dari seluruh produksi, tetapi sekarang merosot hanya tinggal 37 persen. Hampir sebagian besar produsen cerutu dunia menyukai pembalut dan pembungkus (omblaad) dari tembakau jenis BNO.

Namun, akibat cuaca yang tidak menentu dua bulan lalu, petani tembakau berpotensi rugi. Ini dialami, misalnya, petani tembakau kasturi, M Jupriadi, yang merugi lebih dari Rp 100 juta. ”Sekitar 20 persen tanaman tembakau besnota tidak bisa diselamatkan, begitu juga sekitar 2.000 hektar tanaman tembakau kasturi rusak,” kata M Jupriadi.

Dari dua hektar lahan tembakau kasturi dengan jumlah pohon 25.000 batang miliknya, 55 persen rusak dan tidak bisa diselamatkan. (sir)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: