Perlu Operasi Pasar Gula

Ketergantungan terhadap Gula Impor Tinggi
Sabtu, 15 Agustus 2009 | 04:00 WIB

kompas_white

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/08/15/04005930/perlu.operasi.pasar.gula

Jakarta, Kompas – Pemerintah diminta segera mengintervensi pasar gula dengan melakukan operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga gula yang kian meningkat di pasar. Tingginya harga gula di dalam negeri saat ini merupakan dampak spekulasi pedagang.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, Jumat (14/8) di Jakarta, operasi pasar gula bisa dilakukan dengan melibatkan Perum Bulog. ”Pemerintah bisa menggunakan Bulog sebagai alat untuk melakukan intervensi pasar,” katanya.

Sofjan mengungkapkan, selain memiliki jaringan distribusi perdagangan yang luas, Bulog juga memiliki kewenangan melakukan operasi pasar. Bulog sejak tahun 2008 juga bekerja sama dengan perusahaan gula BUMN, seperti PT Perkebunan Nusantara dan PT Rajawali Nusantara Indonesia, dalam pendistribusian gula pemerintah.

Apabila hanya berharap pada pabrik gula BUMN, akan sulit bagi pemerintah menurunkan harga gula. Tingginya harga gula amat memukul industri makanan dan minuman. Padahal, menjelang puasa dan Idul Fitri permintaan produk makanan dan minuman akan meningkat.

Deputi Bidang Usaha Agroindustri, Kelautan, Kertas, Percetakan dan Penerbitan Kementerian Negara BUMN Agus Pakpahan mengungkapkan, saat ini stok gula di PTPN dan PT RNI terkuras. Dari target produksi gula hingga akhir musim giling 2009 sebanyak 891.316 ton sudah terjual 635.710 ton.

Harga lelang gula PTPN dan PT RNI rata-rata masih di bawah Rp 6.500 per kilogram. Di bawah harga yang dikehendaki pemerintah, yakni Rp 6.500. Tingginya harga gula di tingkat konsumen karena permintaan gula meningkat, terutama dari industri makanan dan minuman menjelang puasa dan Idul Fitri. (MAS)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: