Permintaan Minyak Naik; Didukung Ekonomi Asia

Kamis, 13 Agustus 2009 | 03:19 WIB

kompas_white

http://koran.kompas.com/read/xml/2009/08/13/03191977/permintaan.minyak..naik.

PARIS, Rabu – Permintaan minyak masih akan lemah tahun ini dan kenaikan permintaan baru terjadi pada tahun 2010. Permintaan tersebut didorong kebangkitan ekonomi Asia walau perekonomian global secara keseluruhan tidak pasti.

Demikian laporan dari Badan Energi Internasional (IEA) yang dikeluarkan pada hari Rabu (12/8), Paris. IEA menyatakan, permintaan minyak China telah naik dan IEA melihat telah ada pemulihan pertumbuhan ekonomi di luar kawasan Organisasi Kerja Sama Pembangunan Ekonomi (OECD).

Untuk tahun 2009, IEA memperkirakan ada penurunan permintaan minyak dibandingkan dengan permintaan pada tahun 2008. Permintaan tahun 2009 akan turun sebesar 2,3 juta barrel per hari dari rata-rata permintaan pada tahun 2008. IEA juga mencatat rekor rendahnya produksi minyak Nigeria. Namun, di sisi lain produksi Rusia bertambah secara tak terduga.

Namun, badan itu menyatakan, saat ini adalah masa-masa meningkatnya permintaan untuk tahun 2009. ”Apakah resesi global sudah berakhir?” tanya IEA. Pertanyaan ini timbul karena permintaan akan energi terkait erat dengan aktivitas perekonomian global.

”Hal yang dapat diungkapkan adalah bahwa perekonomian global mungkin sudah stabil. Tetapi kalaupun hal itu benar, masih jauh dari kenyataan bahwa pertumbuhan ekonomi yang kuat baru akan terjadi akhir tahun ini,” demikian IEA.

Laporan IEA juga menyatakan, ”Hanya di China dan India, produksi industri bertumbuh positif.” Di tempat lain, produksi industri masih berada dalam kontraksi walau tingkat penurunan secara perlahan sudah melemah. ”Hal yang lebih mengkhawatirkan, produksi sektor industri tampaknya belum mencapai titik nadir di AS,” demikian IEA itu.

Laporan bulanan itu juga menyatakan bahwa penurunan permintaan minyak di Eropa telah bertambah menjadi 900.000 barrel per hari pada kuartal kedua tahun ini.

Titik awal pemulihan

Di AS permintaan atas bensin tampaknya akan melemah sebelum mulai naik lagi. Permintaan AS akan bensin pada Juli 2009 sekitar 1,8 persen di bawah angka permintaan pada tahun 2008. Pada bulan Juni permintaan menurun 1,6 persen.

”Titik awal pemulihan ekonomi mungkin sudah terjadi di AS, tetapi para pengendara motor mungkin membatasi perjalanan dan pengurangan penggunaan bahan bakar semakin tinggi,” demikian IEA.

IEA, salah satu badan pemantau OECD, menyatakan telah menaikkan perkiraan permintaan global tahun ini sebesar 190.000 barrel per hari dan tahun depan naik lagi sebesar 70.000 barrel per hari. Perkiraan kenaikan itu berdasarkan terjadinya kenaikan permintaan Asia tahun depan.

”Kenaikan itu akan mengubah kontraksi besar yang terjadi tahun lalu dan akan terjadi permintaan absolut atas minyak sebesar 83,94 juta barrel per hari tahun 2009,” demikian IEA.

Namun, pertumbuhan minyak global pada tahun 2010 akan lebih rendah dari yang diperkiraan sebelumnya, dengan hanya pertambahan 1,6 persen atau 1,3 juta barrel per hari menjadi 85,25 juta barrel per hari.

Pada perdagangan hari Rabu, harga minyak jenis Brent North Sea untuk pengiriman September melemah 18 sen menjadi 72,28 dollar AS di pasar London.

Harga berjangka minyak jenis light sweet untuk pengiriman September naik 18 sen menjadi 69,63 dollar AS per barrel.

Pada hari Rabu waktu AS atau Kamis ini, akan ada pengumuman tentang persediaan minyak mentah AS. Selain itu, para pelaku pasar juga akan memerhatikan pengumuman dari hasil pertemuan Bank Sentral AS Federal Reserve. (AP/AFP/joe)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: