Proteksi Perdagangan Dunia Meningkat

By Republika Newsroom
Rabu, 22 Juli 2009 pukul 10:10:00

republika

http://republika.co.id/berita/63965/Proteksi_Perdagangan_Dunia_Meningkat

JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Mari Elka Pangestu, mengatakan proteksi perdagangan dalam tiga bulan terakhir semakin meningkat pasca resesi global. Peningkatan proteksi melonjak hingga 20-30 persen dari periode tahun lalu.

Menurutnya, kendati proteksi perdagangan masih dalam aturan main WTO, namun memiliki dampak luas terhadap perdagangan internasional dan yang paling dirugikan adalah negara berkembang. Parahnya lagi aksi proteksi tersebut memperparah kerugian yang melebihi dampak kebijakan yang tidak sesuai dengan aturan WTO.

Berdasar catatan resmi yang diterima WTO, Mari menjelaskan, Badan Perdagangan Dunia tersebut merekam ada peningkatan dumping dan safeguard di negara maju. Langkah-langkah yang diambil sesuai dengan WTO tetapi memberi dampak terhadap hambatan perdagangan seperti stimulus fiskal yang memberi subsidi pada satu sektor.

”Itu mempengaruhi daya saing, di satu sisi menciptakan perdagangan di dalam negeri negara tersebut tapi tidak menguntungkan bagi impor,” ujar Mari dalam teleconference dengan wartawan Indonesia, saat mengikuti pertemuan Menteri Perdagangan APEC yang berlangsung 21 – 22 Juli di Singapura, Selasa (21/7) sore.

Mengenai kasus proteksi, Mendag Mari mencontohkan kasus proteksi dairy subsidi yang hendak di berlakukan Eropa dan mendapat protes keras dari Amerika Serikat (AS). Sebagai balasan (retailasi), Pemerintah AS ingin meningkatkan domestic support pada industrinya.

Situasi ini, jelas mendag, kemudian mendapat protes keras dari Cairns Group sehingga, Eropa dan AS membatalkan   rencana proteksi tersebut. ”Jangan sampai terjadi retaliasi (aksi balasan) lagi karena akan semakin memperluas proteksi perdagangan dunia. Harus ada reaksi keras dan sudah saatnya semua pihak selalu melakukan monitoring dan klarifikasi,” tandas Mendag Mari. zak/ahi

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: