Ada Sinyal Peningkatan Konsumsi Masyarakat

Selasa, 7 Juli 2009 | 04:30 WIB

kompas cetak

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/07/07/04303374/ada.sinyal.peningkatan..konsumsi.masyarakat

Jakarta, Kompas – Masyarakat kemungkinan besar meningkatkan konsumsi mereka dalam beberapa bulan mendatang. Peningkatan konsumsi masyarakat itu akan signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sinyal peningkatan konsumsi itu terlihat dari hasil survei indeks keyakinan konsumen (IKK) yang dilakukan Bank Indonesia pada Juni 2009.

Hasil survei tersebut menunjukkan, optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian semakin meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Level IKK pada Juni 2009 mencapai 109, meningkat 3,2 poin dibandingkan Mei 2009.

Optimisme IKK meningkat karena masyarakat menilai, kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ekonomi ke depan cenderung membaik.

Maraknya proses kampanye terkait pemilu presiden dan perkembangan beberapa indikator ekonomi makro yang relatif baik, seperti pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi, menjadi pendorong utama peningkatan IKK.

Kepala Ekonom BNI Tony Prasetiantono, Senin (6/7) di Jakarta, menjelaskan, kenaikan IKK bisa diterjemahkan sebagai kemungkinan terjadinya peningkatan investasi dan konsumsi yang akhirnya bermuara pada pertumbuhan ekonomi pada semester II-2009.

Adapun Kepala Ekonom Bank Mandiri Mirza Adityaswara berpendapat, kenaikan IKK menggambarkan optimisme konsumen terhadap perbaikan daya beli mereka ke depan. Konsumen optimistis karena ketersediaan lapangan kerja akan semakin luas.

”Hasil pemilu dan harga minyak akan menjadi kunci penting terhadap indeks keyakinan konsumen ke depan,” kata Mirza.

Beberapa indikator ekonomi makro selama semester I-2009 memang menunjukkan angka yang lebih baik dari perkiraan semula. Pertumbuhan ekonomi 2009 diprediksi 4 persen, yang berarti terbaik di kawasan.

”Inflasi cukup rendah, sekitar 4 persen. Nilai tukar rupiah cukup kuat dan berpotensi menembus Rp 10.000 per dollar AS jika pilpres sukses,” kata Tony.

Kinerja ekspor meskipun masih dalam zona negatif, menunjukkan pemulihan yang lebih cepat. (FAJ)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: