PBB Juga Serukan Mata Uang Global

Nurul Qomariyah – detikFinance
Jumat, 27/03/2009 07:19 WIB

detikfinance

http://www.detikfinance.com/read/2009/03/27/071933/1105600/5/pbb-juga-serukan-mata-uang-global

Jakarta – Panel Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang berisikan ahli-ahli ekonomi menyerukan sebuah skema penyediaan mata uang global baru, untuk menggantikan sistem berbasis dolar AS yang kini digunakan.

“Sebuah ‘Global Reserve System’ baru, yang bisa dilihat sebagai SDR (Special Drawing Right) yang diperluas, dengan penyesuaian yang dilakukan secara reguler atau siklus tertentu atas mata uang yang masuk dalam reserve tersebut, dapat memberikan kontribusi pada stabilitas dunia, ekonomi yang kuat dan keadilan dunia,” demikian rekomendasi dari panel tersebut, seperti dikutip dari AFP, Jumat (27/3/2009).

Panel yang dipimpin oleh ekonom Joseph Stiglitz itu juga menyatakan bahwa saat ini telah terjadi peningkatan konsensus bahwa ada masalah dengan sistem penyediaan dolar. Peraih Nobel tahun 2001 itu mencatat sistem dolar terkini sebagai sistem yang relatif bergejolak, tidak stabil.

“Negara-negara berkembang meminjami AS triliunan dolar dengan suku bunga hampir nol persen, ketika mereka sendiri membutuhkannya dalam jumlah yang besar. Ini adalah indikasi dari asal mula masalah. Ini adalah sebuah transfer netto, dalam pengertian bagi AS adalah sebuah bantuan dari asing,” kritiknya lagi.

Seruan untuk pembentukan mata uang global kini terus dilakukan. Salah satu yang menyerukan pembentukan mata uang global adalah China. Gubernur Bank Sentral China Zhou Xiaochuan sebelumnya juga menyatakan bahwa dolar harus digantikan dengan semacam SDR yang dipakai oleh IMF.

Atas keinginan sejumlah negara dan badan dunia untuk pembentukan mata uang global, Presiden Barack Obama sebelumnya menyatakan bahwa hal itu belum diperlukan. Menurutnya, investor masih memandang dolar AS sebagai mata uang yang paling stabil.

“Sebagaimana kepercayaan terhadap perekonomian AS atau dolar, saya hanya ingin menekankan bahwa dolar berada dalam posisi yang sangat kuat saat ini,” ujar Obama.
(qom/qom)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: