Ketergantungan Terhadap Dolar AS Rawan Tapi Sulit Dikurangi

Wahyu Daniel – detikFinance
Selasa, 24/03/2009 13:46 WIB

detikfinance

http://www.detikfinance.com/read/2009/03/24/134622/1104349/5/ketergantungan-terhadap-dolar-as-rawan-tapi-sulit-dikurangi

Jakarta – Ketergantungan dunia terhadap mata uang dolar AS dalam transaksi perdagangan internasional dinilai rawan. Karenanya diperlukan satu mata uang internasional yaitu SDR (Special Drawing Right).

Hal ini dikatakan oleh Gubernur BI Boediono dalam jumpa pers di Gedung BI, Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (24/3/2009).

“Kita diharuskan menggunakan dolar AS untuk menyelesaikan transaksi ekspor impor. Tapi dengan krisis saat ini, betapa rawannya dunia mengandalkan satu atau dua mata uang sebuah negara untuk transaksi global,” tuturnya.

“Jadi ketergantungan terhadap dolar AS adalah salah satu sumber kerawanan saat ini, namun sulit untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS dalam waktu dekat,” tambah Boediono.

Boediono mengatakan, salah satu langkah yang diambil Indonesia dalam mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS adalah melalui kerjasama BCSA (Bilateral Currency Swap Agreement) dengan China.

“Dengan kerjasama ini bisa mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS secara terbatas, jadi permintaan dolar AS pada kedua negara bisa dikurangi. Ini suatu keuntungan untuk mengurangi kerawanan,” katanya.

Selain itu, Boediono mengatakan ada dua alasan kenapa saat ini dibutuhkan suatu mata uang internasional, dan tidak bergantung pada satu mata uang negara seperti dolar AS.

Pertama, kalau dalam transaksi internasional bergantung pada dolar AS, maka jumlah likuiditas untuk penyelesaian transaksi global sangat tergantung pada situasi domestik AS.

“Kalau ada delevereging seperti saat ini, maka likuiditas dolar AS akan menciut, ini yang terjadi sekarang dimana supply likuiditas berkurang,” ujarnya.

Kedua, ada kekhawatiran dipompanya dolar oleh pemerintah dan juga The Fed yang sangat banyak, ke depan ada kemungkinan nilai dolar AS merosot.

“Jadi itulah kelemahan jika 1 mata uang nasional digunakan sebagai standar mata uang internasional. Harus ada mata uang internasional yang menghapus dua kekhawatiran ini, sehingga tidak tergantung kepada satu atau dua mata uang nasional. Jadi SDR adalah cikal bakal mata uang internasional,” pungkasnya.

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: