Sebagian Penduduk DIY Perokok Aktif

Indikator, Selasa, 10 Juli 2007

skt72

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0707/10/jogja/1039585.htm

Terbitnya peraturan daerah mengenai larangan merokok merupakan bagian dari kebijakan pemerintah DI Yogyakarta untuk mengurangi pencemaran udara. Sebab, sejak beberapa tahun terakhir ditengarai rokok menjadi salah satu sumber pencemar udara yang perlu diawasi di samping asap kendaraan bermotor.

Merokok telah menjadi bagian aktivitas keseharian sebagian penduduk di DIY. Berdasarkan data Statitik Kesehatan Indonesia 2004, persentase jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas di DIY yang merokok tiap hari mencapai 20 persen lebih (lihat Grafis). Sebagian besar dari mereka bahkan mengisap 10-14 batang rokok per hari. Selain asap rokok, pertambahan kendaraan bermotor yang rata-rata mencapai 83.000 unit per tahun di DIY juga berperan terhadap menurunnya mutu udara.

Tak heran, sepanjang 2005-2006 terjadi perluasan wilayah udara DIY yang tercemar Nitrogen Dioksida (NO2) melebihi ambang baku. Hasil pantauan kualitas udara yang dilakukan Bapedalda DIY tahun 2005 menunjukkan hanya ada satu titik wilayah udara yang mengandung NO2 melebihi batas ambang baku udara, yaitu di perempatan Janti, Sleman. Namun, setahun berikutnya wilayah tersebut meluas hingga sekitar 16 titik pencemaran NO2. Titik-titik tersebut tersebar di sebagian wilayah Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul.

Adanya perda larangan merokok bisa mengurangi tingkat pencemaran udara sekaligus memperbaiki kualitas kesehatan sebagian masyarakat DIY. Sebab, menurut penelitian Organisasi Kesehatan Dunia WHO, setiap jam rokok mampu membunuh 560 orang diseluruh dunia. Asap rokok terdiri atas 4.000 bahan kimia dan 200 di antaranya bersifat racun dan menjadi zat seperti tar dan nikotin yang memicu terjadinya kanker dan penyakit jantung. (SUGITO/LITBANG KOMPAS)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: