Diusulkan, UU Larangan Merokok bagi Anak

Jumat, 8 Februari 2008 | 02:47 WIB

kompas-cetak207

http://www.kompas.com/kompascetak/read.php?cnt=.kompascetak.xml.2008.02.08.0247241&channel=2&mn=4&idx=4

Magelang, Kompas – Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI sedang menyusun naskah akademik sebagai bahan untuk usulan membuat Undang-Undang Larangan Merokok bagi Anak-anak. Upaya ini diharapkan cukup efektif untuk menekan peredaran merokok yang semakin tak terkendali di kalangan anak-anak dan remaja berusia di bawah 18 tahun.

“Jika usulan ini tidak disetujui, setidaknya kami berharap larangan merokok bagi anak-anak ini bisa dimasukkan dalam amandemen Undang-Undang Kesehatan Nomor 23 Tahun 1992,” ujar Sekretaris KPAI Hadi Supeno saat ditemui di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (6/2).

Menurut Supeno, peredaran rokok di kalangan remaja dan anak-anak terus meningkat. Jika pada tahun 1970 perokok termuda adalah kelompok usia 15 tahun, maka data tahun 2004 menunjukkan merokok juga sudah dilakukan anak berusia tujuh tahun.

Tidak hanya itu, populasi perokok pada kelompok usia anak-anak juga cukup tinggi. Berdasarkan Sensus Sosial Nasional tahun 2004, perokok aktif dari kelompok usia 13-15 tahun mencapai 26,8 persen dan usia 5-9 tahun terdata 1,8 persen. Persentase ini dihitung dari total populasi setiap kelompok.

“Lebih mengejutkan lagi, sepanjang periode tahun 2001 hingga 2004, jumlah perokok aktif dari kalangan usia 5-9 tahun meningkat hingga 400 persen,” paparnya.
“Dengan kondisi ini bisa disimpulkan bahwa sekitar 43 juta populasi anak di Indonesia terancam penyakit mematikan akibat rokok. Karena itu, undang-undang larangan merokok bagi anak-anak sudah mendesak,” ujar Supeno. (EGI)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: