Awas, 1 Miliar Orang Akan Mati Akibat Rokok

M Budi Santosa – Okezone, Science
Jum’at, 8 Februari 2008 – 14:37 wib

okezone3

http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/02/08/56/81914/awas-1-miliar-orang-akan-mati-akibat-rokok

NEW YORK – Sejak jauh hari kampanye antirokok digulirkan. Namun, angka konsumen rokok tetap saja tinggi. Seberapa bahayakah rokok? Survei terbaru menyebutkan 1 miliar orang akan mati akibat rokok pada 2100 mendatang.

Demikian hasil survei dari badan kesehatan internasional (WHO) yang dipublikasikan pada Kamis kemarin seperti dikutip dari Associated Press (AP), Jumat (8/2/2008).

Survei yang dilakukan pada 179 negara ini juga menyebutkan bahwa jumlah pajak (cukai) yang berhasil dihimpun dari rokok mencapai USD200 juta. Akan tetapi dari jumlah pajak yang berhasil diraih itu, kurang dari 1 persen yang dibelanjakan untuk melakukan kontrol atas bahaya rokok.

“Bagaimana kita mengulurkan tangan untuk memberikan solusi mencegah terjadinya global tobacco epidemic, sehingga dapat menyelamatkan 1 miliar laki-laki, perempuan, dan anak-anak pada akhir abad ini,” kata Direktur WHO Dr Margaret Chan dalam pengantarnya atas hasil studi itu.

Kecemasan WHO tidak mengada-ada, pasalnya hasil studi itu memperlihatkan bahwa konsumen rokok di sejumlah negara meningkat drastis. Karenanya, WHO mengimbau sejumlah negara untuk menerapkan kebijakan untuk mengontrol konsumsi rokok seperti dengan cara menaikkan pajak dan harga, menghentikan iklan rokok, promosi dan sponshorsip, mencegah orang mendapatkan rokok dari pihak kedua, mengingatkan bahaya merokok, membantu orang untuk keluar dari ketergantungan rokok, dan memonitor penggunaan rokok dan mencegah munculnya epidemik. (mbs)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: