Asap Rokok Potensial Akibatkan Penyakit Paru-paru

Indikator “Kompas”, Rabu, 11 Juli 2007

kompas-cetak211

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0707/11/jogja/1039635.htm

Kawasan bebas merokok kini mulai diatur dalam Peraturan Daerah atau Perda tentang Pengendalian Pencemaran Udara DIY. Penetapan ketentuan tersebut tidak lepas dari besarnya ancaman asap rokok terhadap kesehatan masyarakat, di antaranya karena berpotensi menyebabkan penyakit paru-paru.

Mengacu pada pasal satu dari draf perda tersebut, kawasan yang dinyatakan terlarang untuk merokok antara lain meliputi tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja, tempat belajar-mengajar, area kegiatan anak, tempat ibadah, dan angkutan umum.

Meskipun secara spesifik kawasan bebas rokok belum ditetapkan dengan peraturan gubernur atau bupati/wali kota, adanya ketentuan itu bisa mengurangi bahaya asap rokok bagi kesehatan. Sebab, hingga kini temuan penyakit yang diakibatkan asap tembakau, di antaranya penyakit paru-paru, terhitung cukup banyak.

Sebagai gambaran, data dari Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru (BP4) Yogyakarta menunjukkan sebagian besar pasiennya terkena bronkitis. Jumlahnya (2006) mencapai 4.215 pasien, atau 11 persen dari 39.993 pasien yang menjalani perawatan di balai tersebut. Bahkan, penderita penyakit ini lebih banyak jumlahnya dibandingkan jenis penyakit yang biasanya “identik” dengan paru-paru, seperti tuberkulosis (TB BTA +) (lihat Grafis).

Bronkitis yang banyak diderita itu bersifat kronis (menahun), bukan peradangan saluran pernapasan akut yang sifatnya jangka pendek dan ringan. Menurut analisis BP4 Yogyakarta, sebagian besar pengidap bronkitis kronis yang dirawat di balai tersebut adalah para perokok aktif atau ibu-ibu tua yang sering terpapar asap rokok (perokok pasif). Namun, tak hanya perokok aktif dan pasif, anak-anak pun bisa terkena dampak serius akibat asap tembakau itu. Anak yang orangtuanya merokok berisiko mengidap bronkitis dua kali lebih besar dibandingkan jika orangtua tidak merokok. (BIMA BASKARA/LITBANG KOMPAS)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: