Adegan Merokok pun Disensor

Kamis, 19 Juli 2007

jp28

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=295258

BEIJING – Gaya sang bintang yang merokok di tayangan televisi Tiongkok tak lagi memukau semua pemirsa. Adegan itu justru banjir kritik. Publik tidak rela, adegan merokok mendominasi The Bund, film gangster yang menjadi favorit mereka. Publik khawatir, hal itu dapat mendorong kaum muda Tiongkok menjadi perokok aktif.

“Pahlawan yang baru merokok terlalu banyak,” ujar salah satu komentar online seperti yang dilansir China Daily. “Pahlawan kita yang baru tidak jauh dari kecanduan,” tambah komentar yang lain.

Gelombang kritik juga dilancarkan media. “Sang pahlawan tampak sangat dingin dalam merokok dan sangat berpeluang untuk dicontoh oleh kalangan muda,” tulis China Daily.

Kritikan yang bertubi-tubi itu langsung direspons. Produser film tersebut menghapus semua adegan merokok yang totalnya mencapai 90 menit untuk episode awal. Termasuk, adegan sang pemimpin, Huang Xiaoming, yang berkali-kali menyedot racun nikotin. “Sungguh, kami tidak mengira jika (adegan merokok) ini akan menjadi masalah,” ujar sutradara Gao Xixi.

The Bund mulai tayang sejak Maret lalu. Itu adalah pengulangan dari versi sebelumnya yang dibuat pada 1980. Saat itu, film yang mengambil setting Shanghai di era 1930-an tersebut dibintangi oleh Chow Yun-fat. Gaya Chow merokok dalam tontonan tersebut dilaporkan cepat sekali dalam memengaruhi penggemarnya di Tiongkok.

Hasil penelitian pemerintah Tiongkok, jumlah adegan merokok yang disiarkan layar kaca di negeri itu cukup tinggi. Tercatat, 36 persen di antara film yang dibuat sejak dua tahun lalu selalu menampilkan adegan merokok. Hampir setiap 12 menit sekali ada adegan rokok dinyalakan, lantas diisap.

Saat ini, terdapat 350 juta perokok di Tiongkok. Pemerintah setempat serta kalangan aktivis gencar berkampanye tentang bahaya merokok untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. (ap/uan)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: