Kesehatan Mental; Asap Rokok Ancaman bagi Anak-Bayi

Selasa, 24 Juli 2007

skt41

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0707/24/humaniora/3710741.htm

New York, Jumat – Ibu hamil yang sering terpapar asap rokok alias perokok pasif terancam melahirkan anak dengan masalah psikologi. Pasalnya, asap rokok bisa merusak sistem dopamine otak.

Demikian hasil penelitian Lisa M Gatzke-Kopp dan Theodore P Beauchaine dari Universitas Washington di Seattle yang dilaporkan dalam jurnal Child Psychiatry and Human Development, sebagaimana dikutip kantor berita Reuters, pekan lalu.
Akan tetapi, hal itu tidak perlu membuat panik orang-orang yang terpapar asap rokok di restoran atau kendaraan umum. Yang dimaksud adalah mereka yang terpapar asap rokok secara kronis alias terus-menerus karena berada di tempat kerja atau rumah yang penuh asap rokok.

“Ada banyak bukti, bayi dari ibu yang saat hamil jadi perokok pasif menerima akibat buruk sama seperti anak dari ibu hamil perokok,” ujar Gatzke-Kopp. Ibu hamil yang merokok akan memiliki anak dengan tingkat kecerdasan rendah, tumbuh menjadi orang dewasa yang miskin, serta cenderung memiliki pasangan yang antisosial.

Untuk memisahkan efek paparan rokok dari faktor lain, termasuk genetik, para peneliti mengamati tiga kelompok berusia 7-15 tahun yang semuanya memiliki masalah psikiatri serius. Hasilnya, kelompok pertama memiliki ibu-ibu yang merupakan perokok berat, ibu anak-anak di kelompok kedua tidak merokok, tetapi terpapar asap rokok di tempat kerja atau rumah. Kelompok ketiga memiliki ibu yang tidak merokok dan tidak terpapar asap rokok.

Anak-anak para perokok berat maupun ibu yang terpapar asap rokok cenderung memiliki perilaku mengacau, agresif, sering terlibat masalah, dan melanggar aturan dibandingkan dengan anak-anak dari ibu yang tak merokok atau terpapar asap rokok. Para ilmuwan meyakini, perilaku itu dikontrol oleh sistem dopamine otak. (atk)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

2 responses to “Kesehatan Mental; Asap Rokok Ancaman bagi Anak-Bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: