Kebugaran Siswa Memprihatinkan. Emil Salim: Aliansi Hidup Sehat Harus Dibangun

Senin, 11 Juni 2007

emil-salim

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/11/humaniora/3590781.htm

Jakarta, Kompas – Para siswa tingkat dasar dan menengah di Indonesia ternyata memiliki tingkat kebugaran memprihatinkan. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat tentang kesehatan, yang berdampak tidak terbentuknya budaya hidup sehat dan bugar di kalangan generasi muda.

“Kondisi ini meningkatkan risiko gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung. Pola hidup yang tidak sehat, terutama kebiasaan merokok dan kurang berolahraga, meningkatkan risiko serangan jantung pada generasi muda,” kata Dede Kusmana, ahli jantung dari Pusat Jantung Nasional, dalam diskusi panel bertema “Remaja Masa Depan yang Beriman, Sehat, Bugar dan Berprestasi” di Jakarta, Sabtu (9/6).

Hasil tes kebugaran jasmani yang dilakukan Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Departemen Pendidikan Nasional, tahun 2004 pada 4.481 siswa SD, SMP, SMA di delapan provinsi memperlihatkan, hanya empat siswa yang termasuk kategori baik sekali. Siswa dengan tingkat kebugaran jasmani baik hanya 7 persen di tiap tingkatan sekolah.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2004 menunjukkan, anak mulai merokok sejak usia 10 tahun, dan pada umur 15-19 tahun menduduki angka 60 persen sebagai perokok. Sekitar 91 persen para perokok punya kebiasaan merokok di rumah, sehingga keluarga menjadi perokok pasif.

Pola makan tidak seimbang banyak dialami masyarakat, terutama kurang serat, sayur, dan buah. Masalah kegemukan juga telah dialami anak-anak. “Ini karena terbatasnya jumlah tenaga kesehatan dan keolahragaan yang mampu menjangkau kelompok remaja, kurangnya pembiayaan untuk promosi kesehatan, dan minimnya dukungan pemerintah,” kata Nerry A Sani, Ketua Yayasan Jantung Indonesia.

Untuk itu, mantan Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup Emil Salim menyatakan, aliansi hidup sehat harus dibangun dengan melibatkan Departemen Kesehatan, Depdiknas, Departemen Keuangan, kaukus parlemen, kaum perempuan, remaja, artis dan produsen film. Semua kalangan harus diajak hidup sehat tanpa rokok. (EVY)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: