Gigi Menguning, Gugat Pabrik Rokok

Kamis, 05 Juli 2007

jp27

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=292975

BEIJING – Seorang perokok asal Beijing, Tiongkok, menggugat perusahaan rokok dan agen pemasarannya. Tuduhannya, rokok produksi perusahaan tersebut membuat giginya kuning.

Beijing News melaporkan bahwa penggugat adalah seorang profesor hukum Universitas Ekonomi dan Bisnis, Liu, 35. Kepada Pengadilan Rakyat Distrik Xuanwu, dia menjelaskan bahwa dirinya mulai merokok sejak 15 tahun lalu.

Setiap hari, dia menghabiskan rata-rata dua pak rokok. Belakangan, dia menyadari bahwa kebiasaan itu mengganggu kesehatan dan membuat gigi menguning. Dia mengatakan bahwa rokok yang biasa disedot bermerek Nanjing, diproduksi Pabrik Rokok Nanjing, Provinisi Jiangsu. Dia menuduh perusahaan itu tidak memberi peringatan secara detail bahaya merokok.

“Perusahaan itu hanya menuliskan ‘Merokok itu membahayakan’ pada bungkusnya. Namun, konsumen tidak diberi tahu jenis bahayanya,” kata Liu.

Dia lantas membandingkan dengan bungkus rokok Zhonghua yang diproduksi di Tiongkok, namun dipasarkan di Australia. Bungkus rokok itu secara detail menuliskan bahaya merokok. Menurutnya, rokok yang dijual di Tiongkok harus juga demikian.

Dikatakannya, kalau bahaya merokok dituliskan secara detail, orang-orang tidak akan mencoba untuk merokok. Dengan dasar itu, dia menuntut perusahaan tersebut menyampaikan permintaan maaf secara tertulis dan kompensasi CNY 350 (sekitar Rp 414.935).

Penasihat hukum tergugat menampik tuduhan Liu tadi. Menurutnya, yang menyebabkan giginya menguning bukan hanya rokok. Namun, juga teh atau air soda.

Peringatan dalam bungkus rokok, yang menurut Liu kurang detail, dinilai sudah tepat berdasarkan standarisasi bungkus rokok. Sampai kemarin, pengadilan belum memutuskan gugatan tersebut. (xinhua/*)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: