Lindungi Konsumen; Mattel Tarik Produknya dari Pasaran

Kamis, 09 Agustus 2007

kompas-cetak190

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0708/09/humaniora/3751702.htm

Jakarta, Kompas – Peningkatan pengawasan produk asal China yang tidak punya izin edar dari pemerintah akhir-akhir ini bertujuan melindungi konsumen di Tanah Air. Karena itu, penarikan produk makanan, kosmetik, dan obat tradisional ilegal asal China itu diharapkan tidak dipolitisasi.

“Banyak produk asal China bermasalah sehingga pemerintah harus memperketat pengawasan,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Husniah Rubiana Thamrin Akib, Rabu (8/8) di Jakarta.

Menurut Husniah, Pemerintah China sendiri beberapa waktu lalu mengakui adanya sejumlah produk asal negara itu yang mengandung bahan pengawet berbahaya dan memutuskan menutup sejumlah pabrik. Terkait hal ini, sejumlah pejabat di China dijatuhi hukuman karena dinilai telah membahayakan konsumen.

“Jadi, wajar kalau kita memperketat pengawasan berbagai produk ilegal asal China tersebut. Ini juga dilakukan beberapa negara lain,” ujarnya.
Penarikan produk-produk asal China tersebut dilakukan pemerintah untuk melindungi konsumen Indonesia. Karena itu, pihaknya berharap penarikan produk-produk makanan, kosmetik, dan obat tradisional asal China tidak dipolitisasi agar tidak mengganggu hubungan diplomatik kedua negara.

Pemerintah China juga dipersilakan menghentikan impor produk-produk asal Indonesia jika terbukti produk-produk tersebut ilegal dan mengandung bahan berbahaya bagi konsumen.

“Kasus ini baru muncul baru-baru ini. Itu pun kami harus menghadapi gugatan dari sebuah lembaga swadaya masyarakat karena dianggap kecolongan dalam pengawasan obat dan makanan,” kata Husniah.

Saat ini pihaknya masih mengumpulkan hasil operasi dari Balai Besar POM yang ada di berbagai daerah di Tanah Air. Rencananya, hasil operasi itu akan diumumkan dalam pekan ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

“Ada sekitar 42 jenis produk makanan asal China yang diduga mengandung bahan pengawet bukan untuk makanan,” ujarnya.

Mainan ditarik
Sementara itu, Mattel Southeast Asia Pte Ltd juga menarik kembali beberapa produk mainan berlisensi yang pembuatannya diserahkan kepada pabrik di China.

Penarikan dimulai 2 Agustus lalu sebab produk itu diketahui memakai cat yang mengandung timah hitam. Hal itu merupakan pelanggaran standar yang berlaku, termasuk standar yang telah ditetapkan perusahaan mainan itu sendiri.
Mattel juga bekerja sama dengan para pengecer di seluruh dunia untuk mengidentifikasi produk-produk yang tercemar, mengeluarkannya dari toko, mencegah pengiriman baru, dan menghentikan penjualannya.

“Kami mohon maaf kepada semua pihak yang terkena dampak penarikan ini,” kata Direktur Mattel Inc Robert A Ackert dalam siaran pers.

“Kami selalu mengharuskan mitra manufaktur agar menggunakan cat dari pemasok yang memiliki izin dan bersertifikat serta memenuhi prosedur uji coba maupun verifikasi. Dalam hal ini, prosedur itu tidak ditaati,” kata Senior Vice President Worldwide Quality Assurance Mattel Inc Jim Walter.

Boneka dan mainan yang ditarik tersebut diproduksi pada 19 April 2007 hingga 6 Juli 2007. Produk-produk ini dijual secara terpisah atau sebagai bagian dari paket di toko-toko ritel di seluruh negeri sejak awal Mei hingga Agustus 2007.

Nama model dan nomor produk mainan yang ditarik kembali semuanya itu bermerek dagang “Fisher Price”, termasuk mainan B6966 Barney Best Manners Phone. (EVY)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: