China; Pemerintah Akui Kesulitan soal Keamanan Pangan

Senin, 06 Agustus 2007

kompas-cetak186

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0708/06/ln/3741072.htm

Beijing, Minggu – Pemerintah China mengajak kerja sama global untuk menangani masalah keamanan pangan yang menghantui produk pangan buatan negara itu belakangan ini. Pemerintah China juga mengakui menghadapi tugas yang panjang dan sulit untuk meningkatkan keamanan produk pangan.

“Saat ini kualitas keamanan pangan telah meningkat, tetapi situasinya masih sangat serius,” kata Wakil Ketua Badan Obat dan Makanan Lui Lusheng, seperti dikutip kantor berita Xinhua, Minggu (5/8). Kantor berita itu menyatakan, kerja sama global merupakan satu-satunya cara meningkatkan keamanan pangan.

Di berbagai negara, berbagai jenis produk ekspor China, mulai dari ikan, mainan, hingga makanan hewan peliharaan dan pasta gigi, ditemukan diberi label tidak aman atau terkontaminasi bahan-bahan berbahaya. Isu itu mengakibatkan pelarangan makin bermunculan di berbagai negara atas produk China.

Meski demikian, Pemerintah China menyerang balik dengan mengatakan, masalah ketidakamanan produk mereka hanyalah menyangkut sebagian kecil produk. Dikatakan, keteledoran segelintir perusahaan tidak bisa mengatasnamakan seluruh label produksi China.

Pemerintah China juga bersikeras telah melakukan tindakan efektif untuk menjamin keamanan produknya. Bahkan, Xinhua menyatakan, China selalu bekerja dengan negara-negara lain untuk menangani masalah ini.

Hui menjelaskan, sejak keluarnya laporan tahun lalu mengenai telur bebek asal China yang terkontaminasi zat berbahaya, pemerintah telah diperingatkan bahwa China berada pada sebuah periode yang berisiko tinggi.

“Menangani keamanan pangan dan mencegah pangan dari berbagai risiko adalah pekerjaan berjangka panjang, sulit, dan proyek yang rumit, yang membutuhkan kesediaan masyarakat untuk bekerja bersama dan melakukan pencegahan menyeluruh,” katanya.

Masalah internasional
Pemerintah China menyatakan, keamanan dan kualitas produk adalah masalah internasional. Dibutuhkan kerja sama dan komunikasi yang lebih baik dari pemerintahan berbagai negara untuk mencari solusi bersama.

“Penguatan kerja sama dan perundingan-perundingan internasional adalah satu-satunya jalan yang efektif untuk mengatasi masalah keamanan itu,” demikian pernyataan Pemerintah China lewat situs internet.

Disebutkan, China telah melakukan pembicaraan dengan Jepang, Uni Eropa, dan AS dalam masalah pangan. “Biro pemeriksa dan penanganan kualitas China telah bertindak secara proaktif dan menghadiri pertemuan-pertemuan internasional dan mengambil bagian dalam penentuan standar-standar,” demikian lanjutan pernyataan Pemerintah China itu.

Sebuah organisasi pemantau kualitas menyebutkan, perjanjian mengenai kerja sama keamanan pangan telah ditandatangani dengan AS, Sabtu (4/8). Namun, tidak dijelaskan rincian kesepakatan itu. (Reuters/OKI)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: