13 Persen Sambal Buatan Cina Dinyatakan Tidak Lulus Uji Keamanan

Selasa, 12 Juni 2007 8:50:00

kompas-cetak182

http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=296320&kat_id=23

Beijing–RoL– Tigabelas persen produk sambal China tidak lulus uji keamanan makanan dan membuat kecemasan baru terhadap industri makanan China, kata media pemerintah China.

Pengawas kendali mutu di China menemukan bahan pengawet dalam tingkat berlebih pada 13 persen dari 46 produk sambal, yang diuji di seluruh pelosok negeri baru-baru ini, kata kantor berita Xinhua pada Minggu malam. Produk dengan bahan dasar cabe secara luas digunakan di China untuk membumbui berbagai masakan.

Produk sambal dibuat oleh 38 perusahaan di 12 provinsi dan kotamadya, termasuk Beijing dan Shanghai, kata berita itu tanpa merinci keberadaan sambal ekspor. “Produk itu dibuat perusahaan kecil, yang punya banyak masalah keamanan. Pabrik besar dan menengah semua lulus uji keamanan pangan,” kata pernyataan Badan Umum Pengawas Mutu, Pemeriksaan dan Karantina.

Banyak produk diuji juga memasang keterangan tidak memenuhi syarat pemerintah. Badan tersebut juga menemukan delapan persen dari sayur dan buah dikeringkan tidak lolos uji keamanan dan kebanyakan diakibatkan penggunaan pewarna secara berlebihan dan keberadaan belerang.

Pada bulan lalu, China mengemukakan akan memperketat pemeriksaan di seluruh negeri setelah sejumlah produk berbahaya ditemukan di pasaran dalam negeri dan ekspor. Salah satu kasus besar adalah tercemarnya makanan binatang peliharaan dengan zat aditif dari China. Bahan tercemar itu diduga menyebabkan kematian ribuan anjing dan kucing di Amerika Serikat.

Zat aditif tersebut adalah melamin, bahan kimia biasa digunakan untuk pupuk dan plastik.
Pencemar itu masuk ke gluten gandum, yang diekspor dari China ke Amerika Serikat. Antara/AFP yto

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: