SBY: 2009 Ditargetkan 10 PT Masuk Kelas Dunia

Sabtu, 26/05/2007 12:06 WIB

http://www.okezone.com/index.php?option=com_content&task=view&id=23093&itemid=2

YOGYAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan pada tahun 2009 pemerintah berkeinginan paling tidak ada 10 perguruan tinggi atau univesritas di Tanah Air bisa masuk dalam daftar World Class University atau perguruan tinggi (PT) tingkat dunia.

Demikian disampaikan oleh SBY dalam pidatonya saat puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Siva, Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (26/5/2007).

Keinginan itu bukan tanpa alasan karena tahun 2006 lalu menurut survei dari sebuah lembaga di Inggris, lima PT di Indonesia sudah masuk dalam jajaran Word Class University tersebut. Kelima PT yang masuk dalam kelas dunia itu adalah UI, ITB, UGM, Undip, dan UT yang sudah mendapatkan akreditasi internasional.
Lima PT yang masuk kelas internasional itu merupakan kebanggaan pemerintah Indonesia karena kelimanya masuk 500 besar universitas atau perguruan tinggi berkelas internasional sedunia.

SBY pun mengatakan, visi dunia pendidikan nasional ke depan pada 2025 diharapkan dapat menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. “Yang dimaksud cerdas di antaranya cerdas secara spriritual, emosional, sosial, serta intetelektual,” ujar SBY.

Dia lebih lanjut mengatakan, pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembang amanat amandemen UUD 1945 serta UU Sistem Pendidikan Nasional No 20/2003 yang mengamanatkan bahwa 20 persen dari total anggaran pemerintah diprioritaskan untuk pendidikan.

Dalam tiga tahun terakhir, ujar SBY, pemerintah sudah melakukan upaya melaksanakan amanat UU tersebut seperti pada tahun 2004 APBN telah menganggarkan utnuk sektor pendidikan Rp21,4 triliun. “Bahkan pada 2007 ini Alhamdulillah kita sudah menganggarkan Rp50,019 triliun atau dua kali lipat dari tahun 2000 lalu,” ujar SBY.

Meski angka ini belum memenuhi kriteria atau amanat dari UU Sisdiknas tersebut namun pemerintah akan terus berupaya melaksanakan 20 persen anggaran untuk pendidikan nasional.

Dalam kesempatan itu SBY mengutip semangat Ki Hajar Dewantara sebagai bapak dan penjuang pendidikan nasional yang telah memberikan inspirasi yang tidak pernah kering untuk memajukan generasi bangsa terutama dalam menimba ilmu pengetahuan dan teknologi.

Harapannya, peringatan Hardiknas ini ke depan pendidikan di Indonesia dapat melahirkan insan-insan yang cerdas, intelektual serta kompetitif sehingga dapat bersaing dalam dunia global saat ini. (moch fauzi miftah/sindo/mbs)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: