Mahasiswa Aksi Demo Bentrok Dengan Polisi Warnai Pertemuan CGI Di Yogya

20 Jan 2003 3:14:01 AM

http://www.lin.go.id/news.asp?kode=200103FiOT0001

Yogyakarta, (LIN) – Insiden bentrokan yang disertai bunyi letusan senjata api, terjadi antara mahasiswa peserta aksi demo dengan polisi yang membubarkan aksi itu, mewarnai pertemuan awal anggota Consultative Group on Indonesia (CGI) di Yogyakarta, Minggu.

Insiden itu terjadi dua kali secara terpisah, yaitu pertama kali terjadi di perempatan jalan Kantor Pos Besar Yogyakarta, yang lokasinya berdekatan Gedung Agung/Istana Negara, tempat para delegasi CGI bersidang.

Pada awalnya puluhan mahasiswa/pemuda yang tergabung dalam Front Rakyat Anti Imperialisme berusaha mendatangai Gedung Agung sekitar pukul 10.00 WIB, namun kemdudian di tengah-tengah perempatan jalan Kantor Pos Besar, mereka menggelar orasi dan bernyanyi-nyanyi sehingga memacetkan arus lalu lintas.
Kemudian aparat kepolisian Poltabes Yogyakarta, dengan pentungan membubarkan aksi tersebut karena dinilai sudah mengganggu arus lalu lintas, sehingga bentrok tak terhindarkan dan para mahasiswa lari tunggang langgang menyelamatkan diri.

Satu jam kemudian aksi serupa oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Anti Globalisasi Yogyakarta, datang dari arah jalan Malioboro, breupaya menerobos barkade polisi di depan Gedung Agung/Istana Negara. Mereka belum sempat melakukan orasi, keburu dibubarkan secara paksa oleh polisi dan sempat terdengar bunyi letusan senjata api, sehingga membuat kocar-kacir mahasiswa.

Dalam dua insiden itu, dilaporkan seorang mahasiswa bernama Luki, mahasiswa IAIN Yogya, menderita luka memar di kepala dan mukanya, dan empat orang mahasiswa peserta aksi demo diamanakan petugas dan dibawa ke Mapoltabes Yogyakarta. Seusai bentrokan, peserta aksi demo menentang pertemuan CGI itu, bertahan di Jalan Trikora, dan jalan depan Kantor Pos Besar Yogya, sambil meneriakkan yel-yel dan orasi anti CGI dan iperialisme.

Semetara itu, pertemuan awal anggota CGI dengan pemerintah pusat dan daerah dengan thema “The Partnership For Governance Reform In Indonesia”, tetap berlangsung dan tampak tidak terusik oleh aksi demo tersebut. Tampak hadir dalam pertemuan itu, Menko Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-jakti, para dubes anggota CGI dan tuan rumah Gubrnur DIY, Sultan HB X. (Sospol/S-1/Mil/Ant)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: