Lagi, G-8 Janji Bantu Afrika ; Persoalan Konflik di Wilayah Kosovo Menemui Jalan Buntu

Sabtu, 09 Juni 2007

kompas-cetak136

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/09/ln/3588188.htm

Heiligendamm, Jumat – Kelompok Delapan Negara atau G-8 berjanji akan memberikan paket bantuan sebesar 60 miliar dollar AS khusus untuk memberantas HIV/AIDS, malaria, dan TBC di wilayah Afrika, Jumat (8/6). Dari 60 miliar dollar AS itu, 30 miliar dollar AS di antaranya sebenarnya telah dijanjikan Presiden AS George W Bush pada Mei lalu.

Pemerintah Jerman pun memberikan bantuan 5,4 miliar dollar AS selama periode 2007-2015. Selain itu, G-8 juga kembali memastikan komitmen dan janji bantuan yang telah disepakati dalam pertemuan G-8 dua tahun yang lalu di Gleneagles, Skotlandia. Di Gleneagles, ada kesepakatan memberikan bantuan khusus bagi Afrika 50 miliar dollar AS untuk setiap tahun mulai 2010.

Komitmen dan janji G-8 dalam pertemuan dua tahun yang lalu menyatakan delapan negara kaya berjanji akan rutin meningkatkan jumlah bantuan dan sebagian besar alokasi bantuan dari G-8 akan diberikan khusus kepada Afrika. “Dalam pertemuan tahun ini, kami kembali menegaskan dan akan segera melaksanakan komitmen dan janji sebelumnya,” sebut deklarasi pertemuan G-8.

Setelah tuntas membahas persoalan perubahan iklim, pada hari terakhir pertemuan dua tahunan kali ini para pemimpin G-8 mulai mengalihkan perhatian pada persoalan kemanusiaan yang terjadi di Afrika. Menteri Pembangunan Jerman Heidemarie Wieczorek- Zeul mengatakan, G-8 akhirnya menyetujui usulan AS untuk meningkatkan jumlah bantuan untuk melawan berbagai penyakit mematikan yang selama ini menggerogoti rakyat Afrika.

Namun, banyak pihak yang ternyata tidak antusias dengan janji dan komitmen G-8 untuk memberikan bantuan uang dan membantu mengurangi tingkat kemiskinan Afrika. Pasalnya, janji dan komitmen G-8 yang disepakati dua tahun lalu di Gleneagles pun hingga kini belum terlaksana. Sesuai dengan janjinya, seharusnya G-8 memberi bantuan 50 miliar dollar AS per tahun. Jumlah bantuan itu pun dijanjikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Namun, hingga kini, janji itu tak juga terwujud.

Jika pun akhirnya dapat terwujud, kelompok antikemiskinan dan lembaga bantuan merasa yakin G-8 tetap akan kesulitan untuk memenuhi janjinya karena masih banyak negara yang belum membayar. Seperti Italia yang seharusnya mengeluarkan bantuan sebesar 351,34 juta dollar AS, tetapi terlambat dalam membayar selama dua tahun, yakni tahun 2006 dan 2007.

Mengenai pembayaran bantuan yang terlambat, Perdana Menteri Italia Romano Prodi berjanji akan segera membayar semua kekurangannya. Bahkan, Prodi berjanji akan meningkatkan jumlah bantuan menjadi 540,52 juta dollar AS tahun depan.

Jalan buntu
Selain masalah Afrika, G-8 juga membahas mengenai masalah di Kosovo. Para pemimpin G-8 tidak berhasil menemukan jalan keluar alias menemui jalan buntu dalam menangani masalah ini. Pasalnya, Rusia menolak rencana Perancis untuk menangguhkan pemilihan atau seperti referendum tentang kemerdekaan Kosovo yang diselenggarakan oleh PBB.

“Sampai saat ini tak ada kemajuan sama sekali dalam persoalan ini,” kata Presiden Perancis Nicolas Sarkozy seusai berbicara dengan Bush pada hari terakhir pertemuan.

Selama ini Rusia menentang upaya dari negara-negara di Barat untuk mengadopsi resolusi PBB yang akan bisa memberikan jalan bagi kemerdekaan Kosovo. Untuk memperoleh jalan keluar yang memuaskan berbagai pihak, Sarkozy mengajukan usulan untuk menunda pelaksanaan pemilu PBB itu selama enam bulan.

Seorang sumber delegasi Rusia menyebutkan, mayoritas pemimpin G-8 merasa tak perlu terburu- buru dalam menggelar pemilu PBB untuk Kosovo itu.(REUTERS/AFP/AP/LUK)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: