Bank Dunia Dukung Pembubaran CGI

Jumat, 26 Januari 2007 11:23:00

http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=280274&kat_id=21

Jakarta-RoL — Bank Dunia mendukung rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membubarkan Concultative Group on Indonesia (CGI).

“Kami mendukung pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin bahwa Indonesia tidak lagi membutuhkan kerangka CGI,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Andrew Steer, dalam siaran persnya, Jumat (26/1).

Menurut Steer, Indonesia telah membangun ekonomi yang kuat dan semakin mengurangi pinjaman dari kalangan donor.

Dia menambahkan bahwa model CGI yang lama, di mana pemerintah menyampaikan defisit anggarannya dan donor memberikan ‘pledge’ (janji) untuk mengisi kekurangan tersebut, mungkin sudah tidak relevan di negara kuat seperti Indonesia.

Dengan alasan ini CGI telah berangsur-angsur berubah peran dalam beberapa tahun terakhir ini. Selama dua tahun terakhir CGI telah dipimpin dan diketuai oleh Pemerintah Indonesia, dan diskusinya tidak selalu berfokus pada defisit anggaran dan ‘pledging’, tambah Steer.

“Kami merasa sekarang sudah saatnya Indonesia lulus dari proses CGI,” katanya. Namun, dia melihat masih penting untuk mempertahankan dialog yang terbuka dan profesional dengan masyarakat internasional mengenai akses Indonesia terhadap modal, perdagangan dan teknologi internasional.

“Kami senang mendengar pemerintah berniat untuk meneruskan dialog seperti ini. Kami juga turut senang bahwa Pemerintah berniat untuk terus memanfaatkan dukungan dari mitra pembangunannya, sejalan dengan prioritas pembangunan Pemerintah.”

CGI merupakan konsorsium negara-negara dan lembaga-lembaga kreditor dan donor untuk Indonesia yang dibentuk pada tahun 1992 sebagai pengganti konsorsium yang sama yaitu IGGI (Inter-Governmental Group on Indonesia).

CGI terdiri dari sekitar 30 kreditor bilateral dan multilateral di antaranya Bank Dunia (WB), Bank Pembangunan Asia (ADB), Dana MOneter Internasional (IMF), dan pemerintahan-negara industri seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris.

Dalam berita sebelumnya Presiden SBY menganggap forum CGI tidak perlu lagi. “Saya pandang perlu untuk mengakhiri format forum CGI tahun 2007 ini. CGI saya nyatakan tidak perlu ada lagi,” kata Presiden.

Kebijakan itu diambil karena Indonesia sudah bisa mengatasi problema utang luar negerinya tanpa keterlibatan forum CGI. antara

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: