Pemimpin Korea Utara Larang Mobil Jepang

Seoul, Senin, 19 Februari 2007 17 :05 WIB

jurnas7

http://www.jurnalnasional.com/new2/?KR=BreakNews&NID=21852

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il, seperti diungkap kantor berita Yonhap, Korea Selatan, Senin (19/2), memerintahkan perampasan semua mobil buatan Jepang di negara komunis itu. Perintah itu dikeluarkan pada 1 Januari.

“dia memerintahkan Komisi Pertahanan Nasional untuk menyita mobil-mobil Jepang,” kata seorang sumber sebagaimana dikutip Yonhap. Komisi tersebut adalah lembaga tertinggi pengambil keputusan di Korea Utara yang dipimpin Jong-Il. Perintah pelarangan tersebut bermula setelah Jong-Il melihat satu kendaraan mogok dan menutupi jalan ketika ia mengunjungi jasad bapak pendiri negara itu, Kim Il-Sung yang dibalsem. Namun hal itu disebut-sebut merupakan tanda ketidakpuasan Jong-Il yang semakin meningkat terhadap sikap keras Jepang atas negaranya.

Yonhap mengutip sumber anonim yang mengatakan, perintah mendadak Jong-Il mungkin ada hubugannya dengan tekanan Jepang untuk menjatuhkan sanksi pada Korea Utara setelah ujicoba nuklir tahun lalu.

Masih harus ditunggu apakah pihak berwenang Korea Utara melaksanakan perintah itu sepenuhnya, sebab kebanyakan mobil di negara itu adalah buatan Jepang. (A.Muhajir/Ant/AFP/Yonhap)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: