ABG Amerika Kian Hobi Belanja

Kamis, 18 Jan 2007

jp8

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=267137

NEW YORK – Para orang tua yang memiliki anak remaja perlu semakin waspada. Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa anak baru gede (ABG) cenderung kian materialistis dan lebih suka menghabiskan waktu dengan berbelanja. Mereka yang masuk dalam golongan itu juga menunjukkan kesadaran sosial yang lebih rendah.

Jajak pendapat yang dilakukan lembaga penelitian Harris Interactive mendapati bahwa 71 persen anak yang berusia 8-18 tahun mengaku merasa lebih bahagia jika punya uang banyak. Kelompok tersebut dipecah menjadi remaja (13-18 tahun) dan praremaja (8-12 tahun). Hasilnya, 74 persen remaja setuju dengan pernyataan “Saya akan merasa lebih bahagia kalau punya banyak uang untuk membeli barang pribadi.”

Dua kelompok itu juga menunjukkan sikap yang berbeda saat ditanya mengenai rasa syukur mereka atas kondisinya saat ini. Sebanyak 86 persen remaja mengaku bersyukur atas diri mereka saat ini, sedangkan jumlah kelompok praremaja yang bersyukur 92 persen.

Soal kepedulian sosial, mereka yang masuk kelompok remaja cenderung lebih cuek. Saat diminta mengomentari kalimat “Saya akan membantu anak baru di sekolah,”, hanya 81 persen remaja yang setuju. Untuk kelompok praremaja, yang setuju 91 persen.

Kendati menunjukkan sikap materialistis, para remaja dan praremaja itu sangat peduli pada keluarganya. Ketika ditanya apa yang lebih penting dalam hidupnya, 91 persen praremaja dan 77 persen remaja menyatakan sosok ibu. Hanya sedikit yang menyebut uang sebagai hal terpenting dalam hidup mereka.

“Meski orang tua tak bisa mengerem banyaknya iklan yang mendorong remaja bersikap materialistis, mereka bisa sedikit mengurangi efek materialistis dengan mengajarkan cara bersyukur kepada anak-anaknya,” ujar Aric Rindfleisch dari University of Wisconsin-Madison. (rtr/any)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: