Tabung Gas 3 Kg Dihargai Rp 100.000

Kamis, 25 Oktober 2007

kompas-cetak72

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0710/25/ekonomi/3940711.htm

Jakarta, Kompas – Tabung gas ukuran tiga kilogram yang dibagikan gratis kepada masyarakat dalam program konversi minyak tanah menjadi gas elpiji dijual oleh warga penerimanya. Harga jualnya Rp 100.000 per tabung.

Seorang pengecer elpiji di Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Maryani, Rabu (24/10), mengatakan, warga sekitar Kebon Melati menjual tabung gas kepadanya karena kompor gas yang juga dibagikan gratis rusak. Daripada menganggur karena tidak digunakan, ujar Maryani, tabung gas itu kemudian dijual kepadanya.
Maryani enggan menyebutkan berapa jumlah warga yang menjual tabung gas kepada dirinya. “Adalah beberapa. Mereka juga yang menentukan harganya, bukan saya,” ungkap Maryani.

Sejak program konversi minyak tanah digulirkan pemerintah, Agustus lalu, Maryani mengubah pangkalan minyak tanahnya menjadi eceran gas. Tanah Abang adalah salah satu wilayah di Jakarta yang sudah lebih dulu melaksanakan program konversi.

Berbeda dengan Maryani, pemilik pangkalan gas di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Hendra, mengatakan, dirinya tidak menerima penjualan tabung gas dari warga karena ada larangan dari Pertamina.

Manajer Pemasaran PT Wika Intrade Triantony mengaku tidak mengetahui ada transaksi jual beli tabung gas ukuran tiga kilogram. Sebagai produsen, kata Triantony, kewajibannya hanya memenuhi kontrak tender program konversi energi.

“Soal distribusi tabung sepenuhnya ada di tangan Pertamina. Yang pasti, kompor dan tabung gas itu dibagikan gratis,” ujar dia.
Menurut Triantony, pada pertengahan Juli lalu, saat Pertamina menghentikan sementara distribusi tabung gas, pihaknya hanya menumpuk tabung-tabung itu di gudang. (DOE/OSA)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: