Program Konversi; UNY sebagai Tim Konsultan Independen

Selasa, 02 Oktober 2007

kompas-cetak68

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0710/02/jogja/1043095.htm

YOGYAKARTA, KOMPAS – Universitas Negeri Yogyakarta ditunjuk sebagai tim konsultan independen dalam pelaksanaan program konversi minyak tanah menjadi gas elpiji di wilayah DIY. Tim tersebut akan membantu PT Pertamina dalam melaksanakan sosialisasi program konversi kepada masyarakat.

Penunjukan UNY sebagai tim konsultan independen ini, menurut Wira Penjualan Gas Domestik PT Pertamina Totok Sugiharto, telah dilaksanakan sejak minggu kemarin. Saat ini, PT Pertamina tengah mengirimkan surat penunjukan secara resmi, yang diikuti dengan sosialisasi program kerja tim konsultan independen ke seluruh pemerintah kabupaten atau kota di DIY, sebelum hari raya Idul Fitri.

“Kemungkinan besar sosialisasi program konversi minyak tanah ke gas elpiji kepada masyarakat baru akan terlaksana setelah Idul Fitri,” kata Totok, Senin (1/10).

Totok menambahkan target sosialisasi program konversi tetap akan disesuaikan dengan rencana awal, yakni kepada sekitar 80.000 kepala keluarga (KK) untuk tahap pertama. Jumlah ini terbagi menjadi wilayah Kota Yogyakarta sebanyak 30.000 KK dan Sleman 50.000 KK.

Untuk wilayah Kota Yogyakarta, seperti ditambahkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sudarsono, sosialisasi akan diawali di Kecamatan Jetis dan Umbulharjo. Pemerintah Kota Yogyakarta pun sudah berkoordinasi dengan seluruh camat dan lurah sehingga setiap wilayah sudah dipastikan siap.

Tujuh kecamatan
Di Sleman, pemerintah kabupaten akan bekerja sama dengan Pertamina melaksanakan sosialisasi program konversi minyak tanah ke gas elpiji pada aparat pemerintahan di beberapa kecamatan. Sosialisasi tersebut diprioritaskan pada kecamatan di wilayah perkotaan yang menjadi daerah sasaran awal pelaksanaan konversi.

“Pada tahap awal ini, kami melaksanakan sosialisasi di tujuh kecamatan, masing-masing Kalasan, Sleman, Ngaglik, Depok, Gamping, Godean, dan Mlati,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti.
Pada sosialisasi yang akan digelar Senin depan tersebut, dikumpulkan aparat pemerintahan kecamatan, desa, dan tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK). (YOP/DYA)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: