Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Senin, 10 Sept 2007

jp1

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=172078&c=85

JOGJA – Stok BBM untuk premium, minyak tanah maupun solar menjelang puasa dalam kondisi aman. Dipastikan harga BBM juga stabil. Hal itu disampaika Dirut Pertamina Ari H Soemarno di UGM kemarin.

Menurut Ari, persediaan BBM di Pertamina masih cukup untuk 20 hari ke depan. Stok BBM untuk berbagai jenis yang dimiliki Pertamina setiap hari berkisar 20 juta barel.

“Setiap hari kami cadangkan stok BBM 20 juta barel untuk semua produk. Biasanya digelontorkan jika stok masyarakat limit,” terangnya.

Diakui Ari, menjelang lebaran biasanya tingkat konsumtivitas BBM dalam masyarakat meningkat, terutama jenis premium dan minyak tanah. Peningkatan konsumsi itu bisa mencapai 30 persen dari hari biasa. Setiap harinya Pertamina mendistribusikan aneka jenis BBM hingga satu juta barel.

“Yang menjadi masalah itu sebenarnya bukan stoknya, tetapi mengenai istilah kelangkaan itu. Terutama setelah konversi minyak tanah ke Elpiji,” terang Ari.

Menurut Ari, bagaimana pun minyak tanah itu tetap akan langka karena distribusi minyak tanah selalu dikuota setiap harinya. Rata-rata kuota minyak tanah setiap hari 9,6 miliar liter untuk seluruh Indonesia. “Itu hanya jatah untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha mikro. Tetapi distribusi tidak diatur dan bebas, sehingga bisa dioplos dengan apa saja,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, minyak tanah juga bisa digunakan untuk bahan baku di Industri. Padahal industri membayarnya harga ekonomi. Akibatnya minyak tanah lebih mahal dari harga solar atau premium subsidi. “Belum lagi petani dan nelayan mengoperasikan mesinnya juga dengan minyak tanah.”

Di Jakarta, kata Ari, minyak tanah bocor setiap hari hingga 35 persen dari kuota distribusi di wilayah itu. Pemakaian ini lebih besar dibandingkan Jawa Tengah atau Jawa Timur. Padahal penduduk Jakarta lebih sedikit dibandingkan kedua provinsi itu. (lai)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: