Perpres soal Pasar Modern Harus Segera Diterbitkan

Selasa, 03 April 2007

kompas-cetak98

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0704/03/ekonomi/3426819.htm

Jakarta, Kompas – Peraturan presiden tentang penataan dan pembinaan usaha pasar modern dan toko modern harus segera diterbitkan demi menyelamatkan pasar tradisional dan pemasok barang dagangan yang umumnya usaha kecil dan menengah.

Pasalnya, kehadiran pasar dan toko modern yang menjamur semakin menghancurkan keberadaan pasar tradisional. Di sisi lain, kondisi pemasok barang bakal semakin sulit karena syarat perdagangan (trading terms) yang dikenakan kepada pemasok tidak memiliki aturan resmi.

Desakan penerbitan Perpres Pasar Modern disampaikan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) DKI Jakarta Hasan Basri, Senin (2/4) di Jakarta.

Tutum mengatakan, penerbitan perpres diharapkan bisa membantu mengatasi polemik yang dialami pasar tradisional dan pemasok barang dengan pengelola pasar modern atau toko modern.

“Paling tidak, perpres itu bisa menghentikan berdirinya pasar modern yang baru,” kata Tutum.

Hasan berpendapat, pemasok barang agaknya mulai menyadari dampak kehadiran pasar modern. Produk yang dijual pemasok di minimarket, supermarket, dan hipermarket memang cepat dikenal, tetapi modalnya digerogoti oleh peritel besar.

Apalagi, kini Undang-Undang Penanaman Modal memberi keleluasaan bagi investor asing.

Direktur PT Hero Supermarket Tbk Anton Lukmanto mengatakan, “Solusi atas polemik-polemik itu adalah pola kemitraan sehingga peritel tidak lagi dicap mencekik pemasok jika peritel menggelar promosi besar.”

Dia mengakui, penetapan wilayah (zoning) dan kriteria ukuran pasar modern yang tertera dalam draf perpres masih menjadi masalah krusial. (OSA)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: