Perajin Banting Setir ke Kompor Gas

Rabu, 30 Jan 2008

jp4

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=193289&c=85

SLEMAN – Program konversi minyak tanah ke gas tak urung memukul para perajin kompor minyak di Dusun Sekarsuli, Sendang Tirto, Berbah. Omzet para perajin di derah yang selama ini menjadi sentra pembuatan kompor minyak Sleman itu, kini turun drastis.

Salah seorang perangkat desa Sekarsuli Herman Padiyanto mengungkapkan, sejak program konversi minyak tanah ke gas dijalankan, omzet perajin kompor turun 50 persen. Untuk mengantisipasi menurunnya pendapatan perajin kompor, mereka telah dilatih untuk membuat kompor gas.
“Sebenarnya pembuatan kompor gas lebih mudah dan tidak serumit pembuatan kompor tradisional. Tapi saat ini masih terkendala modal dan peralatan,” kata Herman kemarin.

Perajin kompor tradisional akan beralih ke kompor gas, jika persiapan peralatan sudah selesai. “Namun kami belum tahu kapan persisnya,” tambahnya.

Di lain pihak, pemkab sudah memberikan pelatihan kepada 10 perajin kompor minyak tanah untuk membuat kompor gas. Saat ini mereka sudah dapat memproduksi kompor gas.

Bahkan contoh hasil produksi mereka sudah dipajang di ruang pamer di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal (P2KPM). “Satu hari kami mampu menyelesaikan tiga kompor gas,” kata Teguh salah satu perajin.

Menurut Teguh, kompor gas produksi Sekarsuli dijual seharga Rp 175.000. Harga itu lebih murah ketimbang harga kompor gas pabrikan yang berkisar Rp. 200.000 – Rp. 225.000.

“Kompor gas yang dibuat menggunakan stainless, kalau menggunakan plat biasa harganya bisa lebih murah sekitar Rp 125.000 sampai Rp 150.000,” ungkapnya.

Saat ini, kata Teguh, sebagian komponen yang dipakai untuk membuat kompor gas masih harus dibeli. Seperti pemantik dan pengatur gas. “Kami berharap nantinya kami mampu menjadi pemasok salah satu komponen pada penyedia kompor gas di program konversi minyak tanah ke gas,” harapnya. (oto)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

5 responses to “Perajin Banting Setir ke Kompor Gas

  • ipoels

    alamat pengrajinnya d mana ya? boleh tau? kirim ke emailku ya…

  • iswekon

    Dusun Sekarsuli, Sendang Tirto, Berbah.

  • KURNIAWAN

    sy jg asal jogja, skarang d tegal, boleh tahu alamat, dan d mana mendapatkan komponen, sy d sini jual gas 3 kg, sy ingin buka servis kompor gas, kalau boleh bisa kirim brosur kompor gas produksi mbak indah.
    Alamat : Jl. Mayjend Sutoyo No. 5 Kagok Slawi, HP. 081578821323

  • Indah Sri Wulandari

    akan saya cari info ke tetangga dulu, pak Kurniawan

  • lutviana

    waah telat saya baca nih…dmn saya bisa dpt komponen kompor gas? saya ukm dlnya pengrajin kompor minyak buat kompor gas cm bisa buat bodynya doank, kl bs bantu saya dmn saya bisa dpt komponen2 kompor gas? kirim ke email saya trims…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: