Pasar Tradisional; Lomba Kebersihan untuk Pulihkan Citra

Sabtu, 15 September 2007

kompas-cetak95

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0709/15/jogja/1042432.htm

YOGYAKARTA, KOMPAS – Seluruh pasar tradisional di DI Yogyakarta akan diikutsertakan dalam lomba Pasar Bersih yang penilaiannya dimulai sejak Senin (10/9) selama 30 hari. Lomba ini menjadi bagian dari upaya pemulihan citra pasar tradisional yang bersih, tertib, aman, dan nyaman.

Bertindak selaku panitia adalah Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPW APPSI) DIY bekerja sama dengan Yayasan Danamon Peduli, Kantor Dinas Pasar se-DIY, dan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY. Menurut Wakil Ketua DPW APPSI Bimo N Wartono, lomba ini akan memilih lima pasar tradisional terbaik dari seluruh kabupaten/kota di DIY.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta A Fadli menambahkan, kriteria penilaian lomba, antara lain, kebersihan lingkungan, kerapian sistem penataan barang, dan kenyamanan suasana berbelanja.

“Kami menilai pasar dengan mendadak sehingga dapat dilihat kondisi nyata pasar sehari-hari. Diharapkan, dengan rutinnya lomba ini diadakan, seluruh pelaku pasar dapat selalu mempersiapkan diri sehingga tercipta suasana pasar yang lebih baik,” kata Fadli, Jumat.

Menurut Bimo, lomba ini akan membantu memulihkan citra pasar tradisional sebagai pusat tata niaga masyarakat yang pudar seiring munculnya pasar-pasar modern. Pemulihan citra itu sendiri sulit dilakukan karena terkendala beberapa hal.

“Pertama adalah mental pedagang yang masih konvensional. Lalu, keterbatasan dana pembinaan dari pemerintah daerah, dan kualitas pelayanan yang masih rendah,” ujar Bimo.

Padahal, lanjut Bimo, pasar tradisional punya kelebihan. Salah satunya adalah tingginya keakraban yang muncul akibat komunikasi interpersonal antara pedagang dan pembeli. (YOP)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: