Kulonprogo dan Gunungkidul Tak Masuk; Konversi Minyak Tanah, DIJ Kebagian 188 Ribu KK

Selasa, 25 Sept 2007

jp3

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=173339&c=85

JOGJA – Program konversi minyak tanah ke gas di DIJ segera terealisasi. Bulan Oktober, 188 ribu kepala keluarga (KK) di DIJ akan mendapat pasokan gas elpiji sebagai pengganti minyak tanah. “Kami tergetkan untuk DIJ awal bulan depan bisa dimulai,” ujar General Manager Publik Relation PT Pertamina Ifki Sukarya di UGM kemarin.

Ifki mengungkapkan, program konversi ini dibagi menjadi beberapa tahap. Untuk tahap pertama, di DIJ hanya tiga kabupaten, yakni Sleman 68 ribu KK, Kota Jogja 40 ribu KK dan Bantul 80 ribu KK. “Untuk Kabupaten Gunungkidul dan Kulonprogo belum bisa direalisasi,” katanya.

Ia menjelaskan alasan tidak masuknya dua kabupaten di DIJ ini karena beberapa sebab. Antara lain, belum masuknya usulan pemakaian, dan infrastruktur yang juga belum memadai. “Saya harapkan tahun 2008 mendatang bisa segera menyusul,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Ifki, tujuan program konversi ini adalah untuk mengurangi penggunaan minyak tanah di masyarakat. Dikatakan, minyak tanah adalah bahan baku yang tidak bisa diperbaharui. Bahkan saat ini jumlahnya semakin sedikit. “Sedang ketersediaan gas masih banyak. Apalagi batu bara,” tuturnya.

Ia menargetkan program ini bisa selesai lima sampai 10 tahun. “Dengan program ini, pemerintah bisa menghemat penggunaan dana sebesar Rp 23 triliun,” tandasnya. Diakui program ini belum sepenuhnya diterima masyarakat. Beberapa lapisan masyarakat masih menolak program konversi ini. “Saya harap masyarakat bisa arif. Sumber daya minyak tanah sangat terbatas.” (sam)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: