Konsumsi; Supermarket Tak Turunkan Minat Masyarakat ke Pasar Tradisional

Rabu, 11 April 2007

kompas-cetak93

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0704/11/jogja/1035897.htm

Yogyakarta, Kompas – Menjamurnya supermarket dan ritel tidak memengaruhi minat masyarakat terhadap pasar tradisional. Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi DI Yogyakarta Syahbenol Hasibuan, hingga saat ini pihaknya belum melihat adanya penurunan minat ke pasar tradisional.
“Tidak usah dipertentangkan antara supermarket dan pasar tradisional karena sudah menjadi tuntutan zaman, tetapi perlu ada pengaturan agar kehadirannya jangan sampai mematikan kios atau warung,” ujar Syahbenol akhir pekan lalu.
Menurut Syahbenol, Wali Kota Yogyakarta juga telah mempersiapkan langkah penataan pasar modern tersebut. Penataan itu nantinya dengan pemberlakuan jalur tertentu yang diperbolehkan untuk pembangunan supermarket.

Pasar tradisional, lanjut Syahbenol, punya daya tahan hidup yang besar karena tumbuh dari besarnya kebutuhan masyarakat. Namun hingga kini, pasar tradisional masih belum terklasifikasi secara benar. Ke depannya, Syahbenol berharap akan dilakukan penataan pasar secara lebih spesifik.

Masalah lain yang dihadapi dalam pengembangan pasar adalah masih sedikitnya koperasi pedagang di setiap pasar. Saat ini, dari ratusan pasar tradisional, hanya 25 pasar besar yang memiliki koperasi. Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong pembentukan koperasi, terutama di pasar yang terkena gempa.

Para pedagang pasar juga segera memiliki wadah untuk penyaluran aspirasi dalam Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Dewan Pimpinan Wilayah DIY yang kepengurusannya akan dikukuhkan pada Selasa (17/4) mendatang. APPSI yang nantinya akan diketuai GKR Pembayun ini diharapkan akan menjadi jembatan bagi pedagang pasar untuk lebih berdaya dalam akses modal.

Selain itu, APPSI akan mendorong pada penciptaan pasar tradisional yang lebih aman, nyaman, dan tidak kumuh. (AB9)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: