Perajin Kompor Mulai Ketar-Ketir

Senin, 06 Agt 2007

banner_jawapos1

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=169016&c=85

SLEMAN – Kebijakan pemerintah melakukan konversi minyak tanah ke gas dengan membagikan kompor gas secara gratis, menimbulkan masalah sendiri. Perajin kompor minyak di Sleman kini mulai khawatir usaha mereka bakal gulung tikar.

Para perajin kompor minyak di Sekarsuli, Sendangtirto, Berbah, misalnya. Meski program pemerintah yang bertujuan mengurangi subsidi minyak tanah itu belum masuk ke Jogja, tak urung mereka merasa ketar-ketir.

“Hingga kini usaha kami memang belum begitu berpengaruh. Tapi jangka panjangnya kami khawatir kalau semua kompor diganti,” aku Aji, salah seorang perajin, kemarin.

Aji berharap pemerintah bisa lebih bijaksanakan dalam menerapkan program tersebut. “Ya gimana, kami hanya orang kecil, kami minta pemerintah bisa lebih memperhatikan usaha kami,” ucapnya.

Lurah Sendangtirto Sardjono menjelaskan, di daerahnya terdapat 169 perajin kompor minyak. Setiap hari, rata-rata satu orang bisa menghasilkan satu buah kompor. “Selama ini selain untuk mencukupi kebutuhan di Jogja, hasilnya juga dijual ke luar seperti ke Klaten,” jelas Sardjono.

Sardjono mengakui, sejak dua bulan ini dia memang menerima keluhan dari para perajin kompor yang merasa khawatir usahanya akan tutup akibat kebijakan pemerintah tersebut. “Mereka khawatir kalau program pemerintah benar-benar diterapkan, usaha mereka menjadi tidak laku lagi,” ungkap Sardjono.

Saat ini, kata Sardjono, pihaknya sudah berusaha mengantisipasi jika program itu masuk ke Sleman. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan upaya alih teknologi. “Kami sedang berupaya melakukan alih teknologi, bagaimana mereka yang saat ini membuat kompor minyak diubah menjadi membuat kompor gas,” jelasnya.

Langkah ini, akunya, memang tidak mudah. Sebab, sudah sejak lama para perajin itu mengerjakan kompor minyak. (oto)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: