Konversi Minyak Tanah ke Elpiji Harus Cermat

Kamis, 23 Agustus 2007 16:54:00

http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=304321&kat_id=23

Bandung-RoL– Pemprov Jawa Barat meminta konversi penggunaan kompor minyak tanah ke elpiji dilakukan secara cermat mengingat penggunaan tekologi baru akan mempengaruhi perubahan perilaku dan faktor sosial ekonomi lainnya.

“Pemprov Jabar menyambut baik program itu, tapi pada transisi ini masih diperlukan pencermatan teknis agar program ini tepat dan optimal,” kata Gubernur Jawa Barat H Danny Setiawan di Bandung, Kamis.

Menurut gubernur, proses konversi minyak tanah ke elpiji di masyarakat memerlukan waktu. Ia menjamin ‘political will’ pemerintah itu tidak akan mencelakakan masyarakat.

Kebijakan itu, kata Gubernur sebagai upaya jangka panjang pemerintah untuk mempertahankan deposit minyak tanah di Indonesia yang diperkirakan hanya mencukupi untuk 25 tahun lagi.

“Deposit gas masih mencukupi untuk 75 tahun ke depan. Political will pemerintah ini hanya untuk mengalihkan dan dengan elpiji masyarakat akan jauh lebih hemat daripada menggunakan bahan bakar minyak tanah,” katanya.

Dengan memanfaatkan teknologi kompor gas, katanya, menjadi salah satu upaya menghemat deposit minyak tanah di Indonesia.

Dikatakan, Pemprov Jabar bersama Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan di beberapa daerah seperti di Kota Bekasi dan Kota Cimahi sudah menerapkan konversi kompor minyak tanah ke gas.

Terkait banyaknya masyarakat yang belum menerima program konvensi dari pemerintah itu, gubernur Jabar menganggap sebagai hal wajar.

“Penerapan teknologi baru di masyarakat itu butuh waktu, karena merubah perilaku bahkan budaya memerlukan waktu untuk adaptasi,” katanya.

Menurut Gubernur, masyarakat bisa mengkritisi program konversi minyak tanah bila memunculkan dampak yang tidak sesuai dengan harapan.

“Namun bila melihat keterbatasan cadangan energi yang ada saat ini, solusi pemerintah pusat yang digelindingkan program konversi minyak tanah adalah yang terbaik,” ucapnya. antara/abi

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: