Konversi Energi; Wapres Instruksikan Pasokan Gas hingga ke Kampung

Sabtu, 07 Juli 2007

kompas-cetak22

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0707/07/ekonomi/3666518.htm

Jakarta, Kompas – Untuk mengatasi kurangnya pasokan gas dalam program konversi pemakaian minyak tanah ke elpiji, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla telah menginstruksikan PT (Persero) Pertamina untuk mendistribusikan elpiji secara maksimal ke masyarakat.

Pendistribusian gas tersebut harus mengikuti pola distribusi minyak tanah sampai ke kampung-kampung, seperti halnya para penjual minyak tanah berkeliling. Demikian disampaikan Wapres Kalla menjawab pers, seusai shalat Jumat (6/7) di Istana Wapres, Jakarta.


“Saya sudah menginstruksikan Pertamina untuk melakukan persis seperti tukang minyak tanah keliling kampung. Kalau dulu ada tukang minyak berkeliling dan berteriak-teriak, ‘minyak…, minyak,’ sekarang ini harus diubah dengan teriak, ‘gas…, gas….’” ujar Wapres Kalla seraya menirukan penjual minyak tanah.

Menurut Wapres, jika optimalisasi distribusi elpiji tidak dilakukan sepenuhnya, program konversi minyak tanah ke gas tak bisa berjalan. Padahal, program ini mutlak harus dijalankan untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak.

Wapres Kalla mengakui untuk memaksimalkan program konversi ini, sosialisasi harus terus dijalankan.
“Memang masih ada kesalahan-kesalahan atau kekurangannya dalam pelaksanaannya. Akan tetapi, hal itu biasa dan kita harus terus memperbaikinya. Kalau ada yang salah-salah sedikit, ya diperbaikilah, jangan dibesar-besarkan,” pinta Wapres.

Menurut Wapres, program konversi minyak tanah ke gas yang akan berlangsung tiga tahun akan menghemat pengeluaran setiap keluarga hingga Rp 25.000 per bulan dari selisih harga jual minyak tanah dan gas.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pertamina Ari Soemarno mengatakan, tersendatnya program konversi minyak tanah lebih disebabkan oleh ketidakmengertian masyarakat. Ia optimistis program ini akan berhasil seiring dengan perbaikan yang dilakukan. (HAR/DOT)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: