Konversi Energi; Kompor Gas Belum Beres

Kamis, 28 Juni 2007

kompas-cetak21

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/28/ekonomi/3633252.htm

Jakarta, Kompas – Pembuatan kompor gas bersubsidi yang merupakan bagian dari pelaksanaan program konversi energi gagal diselesaikan PT Sumber Rahayu Prima. Hingga batas waktu yang diberitakan pemerintah pada 27 Juni 2007, kompor gas yang rencananya dibagikan kepada warga miskin itu baru diproduksi sebanyak 240.000 unit atau 65 persen dari target 371.142 unit.

PT Sumber Rahayu Prima (SRP) selaku pemenang tender penyediaan kompor gas ini sulit menyelesaikan produksinya karena pengiriman bahan baku dari PT Krakatau Steel terlambat.

Kepala Biro Umum Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Prakoso Budi Susetyo, Rabu (27/6) di Jakarta, menyesalkan kegagalan penyelesaian produksi kompor itu.
Menurut Prakoso, berdasarkan berita acara yang dibuat konsultan independen, PT SRP telah meminta perpanjangan waktu selama satu bulan untuk menyelesaikan semua order, ternyata boleh sesuai dengan kontraknya.

Soal pemantik api yang harus diimpor dari China, Prakoso menyebutkan tidak menjadi masalah. PT SRP telah memperoleh semua pemantik itu. “Kondisi itu juga sudah diketahui Deputi Produksi Kemenkop dan UKM berdasarkan hasil survei,” katanya.

Meski gagal mencapai target produksi, Kementerian Negara Koperasi dan UKM tetap menjadwalkan membagikan kompor gas bersubsidi pada 9 Juli mendatang kepada masyarakat miskin di daerah Cibodas, Tangerang, Banten.

Kurang
Presiden Direktur PT SRP HR Candra Atang di Bandung, Selasa lalu, mengatakan, proses produksi kompor gas sudah sekitar 70 persen dari target.

Produksi belum rampung karena jumlah alat pemantik kompor gas yang didatangkan dari China kurang. Keterbatasan pemantik disebabkan pengiriman terlambat. Oleh karena itu, menurut Candra, kesalahan bukan berada di pihaknya.

“Jadi, kami memesan lalu pemantik dibuat. Tidak ready stock karena yang saya pesan barangnya khusus. Produksinya juga terbatas,” ujarnya. (osa/bay)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: