Kompor Gas; Penawaran Harga Harus Segera Diajukan

Selasa, 13 Februari 2007

kompas-cetak11

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0702/13/ekonomi/3314788.htm

Jakarta, Kompas – Proses tender kompor gas bersubsidi yang memasuki tahap penjelasan (anwizing) mempersyaratkan seluruh peserta segera mengajukan penawaran harga dan dokumen administrasi teknis.

“Seluruh berkas harus diajukan kepada panitia tender dalam beberapa hari ini, tepatnya 15 Februari 2007. Jika terlambat, peserta akan gugur dengan sendirinya,” kata Kepala Biro Umum Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Prakoso Budi Susetyo seusai mengikuti rapat tahap penjelasan di Jakarta, Senin (12/2).

Penjelasan tersebut hanya diikuti oleh 24 peserta tender. Satu peserta yang tidak hadir secara otomatis dinyatakan telah mengundurkan diri.

Prakoso mengatakan, pertemuan itu pada dasarnya mewajibkan peserta mengikuti prosedur syarat Kemenkop dan UKM. Budget harga perkiraan sendiri (HPS) kompor gas lengkap dengan selang dan regulator ditetapkan Rp 110.000.

Secara rinci, tender tersebut meliputi kompor gas yang spesifikasinya tetap berbahan bakar gas elpiji dengan dua mata tungku dan pemantik mekanik, regulator tekanan rendah, dan selang karet untuk gas elpiji masing-masing sebanyak 371.142 unit. Total biaya produksi mencapai Rp 40,825 miliar.

Usai pertemuan, Sekretaris Jenderal Gabungan Elektronik Divisi Kompor Gas Kendi Sulaiman mengatakan, sebagian peserta merasa tidak mampu memproduksi satu set kompor gas dengan harga Rp 110.000.

Kendi mengaku sempat mempertanyakan biaya yang hanya mencapai Rp 40,825 miliar untuk memproduksi kompor 371.142 unit, karena mungkin saja informasi penetapan HPS itu didasarkan pada produk yang pernah ditawarkan kepada Kemenkop dan UKM pada sebuah pameran produk di Jakarta.

“Kami selaku peserta tender kemungkinan akan gugur, karena tidak bisa memproduksi dengan pagu satu set seharga Rp 110.000,” kata Kendi. (OSA)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: