Distribusi Kompor Gas Tidak Tepat Sasaran

Jakarta, Senin, 14 Mei 2007 20 :20 WIB

jurnas

http://www.jurnalnasional.com/new2/?KR=BreakNews&NID=29143

PENDISTRIBUSIAN kompor gas gratis yang dilakukan Pertamina diduga tak tepat sasaran. Pasalnya, banyak warga yang telah memiliki kompor gas tetap menerima, bahkan ada warga yang memiliki kendaraan roda empat turut menerima kompor gas khusus untuk keluarga miskin (gakin) tersebut.

Padahal, sesuai syarat yang diberikan Pertamina, yang berhak menerima kompor gas adalah warga yang memiliki KTP dan KK setempat, ibu rumah tangga, pengguna minyak tanah murni dan berstatus sosial ekonomi C1 ke bawah dengan
penghasilan di bawah Rp1,5 juta.

Nur warga Tirtajaya mengaku dirinya telah memiliki kompor gas, tetapi hanya dengan membawa KTP dan KK dirinya bisa mendapatkan kompor dan tabung gas tiga kilogram yang dibagikan secara gratis.
Dari pantauan Jurnal Nasional, terdapat beberapa kompor gas yang rusak sehingga tidak dapat digunakan oleh warga.

“Saya engga tahu, awalnya si bisa, pas di coba lagi eh engga nyala-nyala,” kata Aliyah warga Kebon Duren RT 03 RW 01 Kalimulya.

Menanggapai hal tersebut, Ketua tim evaluasi dari Pusat Penelitian Pranata Pembangunan (P4) UI M Hasyim mengatakan, pihaknya telah melakukan pencacahan di Kecamatan Sukmajaya dengan teliti. “Kami minta kesadaran warga Depok yang mampu agar tidak menzolimi warga kurang mampu dengan ikut mengambil kompor gas gratis,” kata Hasyim.

Mengenai adanya kompor yang rusak dan tidak dapat digunakan, Hasyim mengatakan, warga dapat menukarnya di kelurahan setempat dengan mambawa bukti KTP dan KK.

Penanggung jawab pembagian paket kompor gas daerah Kalimulya Sukmajaya Nana Suharana mengatakan, masih banyak warga Depok yang tinggal satu rumah tetapi telah berbeda KK. “Anak mereka telah menikah dan masih tinggal dengan orang tua tetapi telah memiliki KK yang berbeda. Jadi ada kemungkinan satu rumah mendapat dua atau tiga kompor gas,” kata Nana. (Fauzan/Jurnas)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: