Nekat Bakar Diri, Tolak Pasar Bebas

banner_jawapos

Senin, 02 Apr 2007
http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail&id=8414

SEOUL – Seorang sopir taksi membuat geger acara penandatanganan perjanjian pasar bebas (Free Trade Area/FTA) antara Korea Selatan dan Amerika Serikat di Hotel Grand Hyatt, Seoul, kemarin. Sopir yang diketahui bernama Heo Se-Ok, 56, itu tiba-tiba membakar seluruh tubuhnya. Dengan tubuh berselimut api, Se-Ok menerobos barisan keamanan yang berjaga di luar gedung hotel.


“Kejadiannya begitu cepat. Seorang pria tiba-tiba berguling-guling dengan tubuh penuh api. Sekelompok polisi dengan cepat menyemprotkan cairan pemadam ke tubuhnya. Sebuah ambulans segera membawa pria itu ke rumah sakit,” ungkap fotografer AFP Lee Chong-Keun yang menyaksikan langsung aksi nekat Se-Ok.

Saksi mata lain mengungkapkan, Se-Ok meneriakkan kata ‘Stop FTA!’ sambil menyulutkan api ke tubuhnya yang sudah dilaburi bensin. “Dia masih meneriakkan kata tolak pasar bebas itu saat api mulai merambati tubuhnya dan saat berlari ke arah barisan polisi,” ujarnya.

Petugas medis di Rumah Sakit Joongang University menyatakan, pertolongan pertama tim gawat darurat membuat Se-Ok berhasil melewati masa-masa kritis. “Dia masih tersadar dan bisa berbicara saat tiba di rumah sakit. Tapi, dia masih harus menjalani isolasi,” ujar Lee Bo-Kyung, seorang perawat UGD Rumah Sakit Joongang University.

Protes bakar diri Se-Ok terjadi bersamaan dengan unjuk rasa besar-besaran di seluruh Seoul yang menolak pemberlakuan pasar bebas Korsel-AS. Ratusan polisi antihuru-hara berjaga mengitari Hotel Grand Hyatt tempat perundingan kedua negara berlangsung.

Para pengunjuk rasa yang sebagian dari kelompok petani dan pekerja sektor informal, seperti sopir dan pengusaha UKM, turun ke jalan. Mereka meneriakkan kekhawatirannya akan kehilangan pekerjaan pasca pemberlakuan pasar bebas. Aksi tersebut berlangsung 10 bulan sejak perundingan kedua negara dimulai.

November lalu aksi sejenis menimbulkan korban luka sampai 63 orang di seluruh Korsel, termasuk 35 korban dari pihak kepolisian. Total 10 ribu personel polisi disiagakan sejak perundingan dimulai lagi pada 26 Maret. (ap)

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

One response to “Nekat Bakar Diri, Tolak Pasar Bebas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: