Pemkot Batasi Toko Jejaring

timbangan3

Thursday, 29-03-2007 00:33 ,
Topik: GREGET

http://www.koranmerapi.com/article.php?sid=9394

YOGYA (MERAPI) – Pemkot Yogyakarta melakukan pembatasan usaha toko jejaring dengan membuat Peraturan Walikota (Perwal) No 18 tahun 2006. Pembatasan tersebut dilakukan untuk melindungi para pedagang kecil di wilayah pemukiman agar tidak mati akibat bersaing dengan pedagang yang lebih besar, termasuk toko jejaring.

“Pembatasan ini dibuat agar toko jejaring tidak masuk ke pemukiman, tetapi hanya di penggal-penggal jalan tertentu saja yang diperbolehkan,” kata Drs Sutarto, Kabid Pelayanan Dinas Perizinan Kota Yogya Drs Sutarto di Balaikota, Selasa (27/3).

Toko jejaring, kata dia, adalah sejumlah toko yang tersebar di berbagai tempat dan dikuasai sekelompok/perorangan yang melakukan penjualan barang-barang dengan jenis, harga serta cara distribusi yang sama. Dalam Perwal disebutkan, toko-toko jejaring di kota hanya di 69 ruas jalan di Kota Yogya.

“Sejak dikeluarkannya Perwal ini (16 Maret 2006) pembangunan toko jejaring baru, hanya diizinkan di 69 ruas jalan saja,” tegasnya.

Dari pantauan Dinas Perzinan Kota Yogyakarta, setidaknya ada 30 toko jejaring yang berdiri. Menurut catatan, toko-toko tersebut ada yang telah mengantongi izin dan sebagian lainnya belum berizin. Namun, toko yang telah terlanjur berdiri itu tidak akan dilarang operasinya.

“Jadi yang terlanjur akan kita biarkan, karena pada saat itu Perwal belum keluar. Nah, untuk toko jejaring yang baru harus berizin dan memilih diantara 69 penggal jalan tadi,” lanjutnya tanpa memberikan ketegasan, akan dikenai sanksi apa toko-toko jejaring yang belum berizin itu. (W-8)-n

About Indah Sri Wulandari

Gerak Ekonomi untuk Daulat Kemanusiaan Lihat semua pos milik Indah Sri Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: